Sukses

7 Tips Makan Enak Rendah Kalori

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang tidak menyadari makanan yang dianggap enak ternyata tidak baik untuk kesehatan. Sementara itu, sebagian orang lagi sudah sadar, tetapi memutuskan untuk mengabaikannya.

Mereka menganggap bahwa hidup hanya sekali. Jadi, keputusan yang tepat untuk menikmati semua makanan yang ada di dunia.

Keju, gorengan, hingga hamburger adalah tiga contoh makanan yang enak, tetapi berkalori tinggi. Berat badan Anda bisa bertambah jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Tentunya, untuk mengurangi konsumsi sederet makanan enak ini akan menjadi tantangan tersendiri. Namun, Anda bisa mengikuti 7 tips ini agar bisa menikmati makanan enak yang sehat dan rendah kalori, seperti yang dilansir dari Mag for Women, Sabtu (18/9/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Ganti Minyak

Ganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun. Beberapa masakan sebenarnya akan terasa lebih nikmat jika dimasak menggunakan minyak ini. Selain itu, zaitun juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

2. Pilih Putih Telur

Kuning telur memiliki kalori dan lemak yang lebih tinggi dibandingkan putih telur. Jadi, hindari mengonsumsi bagian kuning di semua makanan Anda.

Jika merasa sedikit, ambillah dua putih telur dibandingkan satu telur utuh.

3. Ganti Krim

Anda tidak perlu menghindari makanan yang mengandung krim. Untuk mengganti krim yang memiliki lemak tinggi, Anda bisa mencampurkan susu rendah lemak dengan tepung jagung.

3 dari 3 halaman

4. Pilih Keju dengan Bijak

Anda harus mengontrol jumlah keju yang dikonsumsi. Oleh karena itu, ambil sedikit keju yang memiliki aroma kuat, seperti cheddar atau keju kambing.

5. Pilih Gandum Utuh

Mengonsumsi roti gandum jauh lebih baik dibandingkan roti biasa. Gandum utuh memiliki lebih banyak nutrisi dan membuat makanan menjadi lebih sehat. Tepung gandum utuh juga mengandung serat yang lebih tinggi, seng, hingga magnesium.

6. Goreng Makanan dengan Oven

Teknik penggorengan makanan dengan oven setidaknya memberikan 40 persen kalori yang lebih rendah sehingga membuat makanan jauh lebih sehat.

7. Konsumsi Sayuran

Jika tidak menyukai sayuran yang hambar atau direbus begitu saja, Anda bisa mencampurkan sayuran dengan daging atau makanan lainnya. Sayuran bisa menambahkan serat dan nutrisi, serta tidak akan mengurangi cita rasa makanan.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini