Sukses

Catat 5 Makanan yang Harus Dihindari untuk Jaga Kesehatan Kulit

Selain menggunakan berbagai perawatan kulit (kosmetik atau skin care), Anda juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi yang masuk dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kulit akan mencerminkan keadaan internal dalam tubuh. Ketika mengonsumsi makanan yang tidak baik atau kurang tidur, kulit Anda akan langsung terlihat kusam.

Sebaliknya, Anda bisa mendapatkan kulit yang bersinar dan sehat apabila mengonsumsi makanan yang baik, berolahraga dengan teratur, dan cukup tidur.

Kulit menjadi organ tubuh terbesar pada tubuh manusia sehingga mudah untuk menjadi pusat perhatian orang lain. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kesehatan kulit.

Selain menggunakan berbagai perawatan kulit (kosmetik atau skin care), Anda juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Semakin Anda memperbaiki pola dan kualitas makanan, semakin baik pula kondisi kulit Anda.

Simak daftar makanan yang harus dihindari karena tidak baik untuk kulit seperti yang dilansir dari Mag for Women, Minggu (12/9/2021).

1. Makanan Olahan

Tidak dapat dimungkiri bahwa makanan olahan bisa mempermudah hidup Anda. Namun, perlu diingat makanan olahan tersebut mengandung zat berbahaya dan pengawet dalam jumlah tinggi.

Kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan menyebabkan hormon memproduksi lebih banyak minyak sehingga menyebabkan jerawat. Selanjutnya, makanan yang diawetkan juga membuat kulit tampak kusam karena kekurangan nutrisi di dalamnya.

2. Kafein

Mengonsumsi kafein cukup sulit untuk dihindari oleh sebagian orang yang ingin menghindari kantuk di pagi hari. Akan tetapi, kafein tidak terlalu baik untuk kulit Anda.

Kafein bisa membuat kulit menjadi dehidrasi dan menyebabkan kekeringan. Selain itu, kafein membuat kulit tampak kusam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gula

Gula bisa merusak keseimbangan tubuh dan menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi, Anda harus mengurangi asupan gula untuk mendapatkan kulit yang baik.

Jika Anda menyukai hal-hal manis, cari pengganti alami gula. Anda bisa mendapatkannya pada buah-buahan, kurma, jus segar, atau air kelapa.

4. Keripik dan Makanan Ringan Kemasan

Garam dan pengawet yang banyak dalam keripik atau makanan ringan kemasan menyebabkan air dalam tubuh tertahan. Hal tersebut bisa menyebabkan permasalahan pada kulit, seperti kerutan dan jerawat.

Hindari untuk mengonsumsi makanan tersebut karena garam yang tidak sehat merusak keseimbangan tubuh.

3 dari 3 halaman

5. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji, seperti pasta, pizza, hingga kentang goreng mengakibatkan penumpukan karbohidrat dalam tubuh dan memperlambat metabolisme. Selain menambah berat badan, makanan cepat saji menyebabkan permasalahan dalam aliran darah dan meningkatkan kadar kolesterol.

Kulit Anda tidak akan mendapatkan suplai darah yang sehat sehingga akan menjadi berminyak dan menciptakan berbagai permasalahan kulit.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.