Sukses

Bermasalah dengan Jerawat Tubuh? Ini Tips Sederhana Mengatasinya

Selain mengganggu penampilan, apabila tidak segera diatasi bisa menyebabkan permasalahan yang serius.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat yang timbul di bagian tubuh seperti lengan atau punggung sama mengganggunya dengan jerawat yang timbul di bagian wajah. Anda mungkin akan berpikir keras untuk mencari pakaian yang tidak memperlihatkan bagian-bagian tubuh tersebut.

Selain mengganggu penampilan, apabila tidak segera diatasi bisa menyebabkan permasalahan yang serius. Faktanya, orang yang mempunyai jerawat di wajah memiliki peluang yang lebih tinggi terkena jerawat tubuh.

Tidak ada seseorang pun yang ingin mendapatkan jerawat tubuh dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan beberapa tips sederhana yang dilansir dari MagForWomen, Senin (6/9/2021), untuk mengatasi jerawat tubuh.

1. Mandi Secara Teratur

Langkah sederhana pertama yang bisa Anda lakukan adalah mandi secara teratur agar kulit dan pori-pori bersih setiap saat. Hal ini bisa menghindari terjadinya tumpukan minyak dan kotoran.

Apabila Anda cukup sering berolahraga atau beraktivitas seharian di luar ruangan, jadikan ini sebagai sebuah kebiasaan. Kulit yang bersih bisa mencegah timbulnya jerawat baru.

2. Mengganti Sabun

Sabun yang biasanya Anda gunakan bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat tubuh. Pertimbangkan lagi merek sabun lainnya seperti sabun herbal yang baik untuk kulit Anda sehingga mampu melawan bakteri atau minyak yang menumpuk.

Sabun tersebut juga cenderung lebih ringan untuk kulit dan tidak menyebabkan iritasi. Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti merek sampo atau kondisioner yang sering bersentuhan dengan tubuh saat mandi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Minum Banyak Air

Keseimbangan hormon bisa terjaga dengan mengonsumsi air dalam jumlah banyak. Selanjutnya, air juga bisa membantu melancarkan proses pengeluaran racun di tubuh sehingga mengurangi sekresi minyak. Dengan demikian, pori-pori Anda tidak akan tersumbat.

Tips ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki jerawat di wajah.

4. Mengganti Detergen

Detergen dengan kandungan kimia yang keras untuk mencuci pakaian bisa menyebabkan jerawat tubuh. Anda bisa menggantinya dengan deterjen yang lebih ringan dan mampu membasmi kuman yang ada di pakaian.

Jangan lupa selalu menggunakan pakaian bersih untuk menghindari penumpukan bakteri di kulit yang menyebabkan timbulnya jerawat tubuh.

3 dari 4 halaman

5. Kurangi Mengonsumsi Gorengan

Gorengan atau junk food memang sangat mustahil untuk dihindari. Namun, Anda juga harus tahu bahwa makanan tersebut bisa meningkatkan kadar minyak dalam tubuh.

Selain mengakibatkan penambahan berat badan, pori-pori kulit juga akan tersumbat. Kemudian, kelenjar Anda akan menghasilkan lebih banyak minyak dari yang dibutuhkan sehingga membentuk jerawat tubuh.

Konsumsi buah-buahan segar, sayuran, dan jus. Dengan demikian, tubuh Anda akan melakukan detoksifikasi dan menghindari timbulnya jerawat tubuh.

6. Gunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil sangat aman untuk digunakan pada semua jenis jerawat. Ekstrak dari minyak tersebut mengandung antibakteri dan antijamur sehingga menghindari penyebaran dan pembentukan jerawat baru.

Lalu, ekstraknya secara efektif bisa mengobati jerawat yang sudah ada. Tea tree oil juga bisa menenangkan kulit dan memudarkan noda bekas jerawat.

4 dari 4 halaman

7. Gunakan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya berkhasiat untuk mengatasi iritasi dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Gel ini juga bisa mengeringkan jerawat dan membersihkan minyak berlebih di pori-pori sehingga sel-sel kulit Anda bisa bernapas dengan baik.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya sekali dalam sehari untuk hasil yang lebih baik.

8. Gunakan Pakaian Longgar

Keringat di kulit bisa menyebabkan tubuh berjerawat. Anda harus menggunakan pakaian yang lebih longgar agar kulit bisa bernapas.

Selanjutnya, pilihlah bahan pakaian yang lebih lembut dan ringan agar udara bisa masuk dengan mudah, seperti bahan katun dan linen. Jika Anda menggunakan pakaian berbahan dasar nilon, keringat di kulit akan terkunci sehingga menyebabkan timbulnya jerawat tubuh.

Lebih lanjut, pastikan Anda menggunakan bedak tabur jika sering berkeringat untuk menghindari penumpukan di kulit. Bedak tabur juga berkhasiat untuk membantu melawan bau badan yang tidak sedap.

Apabila jerawat tubuh tersebut tidak lagi bisa diatasi dengan langkah-langkah sederhana tersebut, segera konsultasikan ke dokter.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini