Sukses

Konsumsi 8 Makanan Ini Dipercaya Bikin Otak Lebih Encer

Makanan-makanan yang dapat membuat pintar.

Liputan6.com, Jakarta Otak merupakan organ yang paling halus dan pada saat yang sama juga paling penting yang dimiliki setiap orang. Melindunginya dari semua jenis cedera dan kerusakan tidak diragukan lagi merupakan prioritas utama, selai itu Anda juga memiliki tanggungjawab untuk membuatnya tetap berfungsi dengan baik.

Jika Anda pintar, pasti ingin menjaga untuk tetap pintar. Selain mengasahnya terus menerus, ternyata makan makanan yang tepat juga akan membantu otak berfungsi dengan baik, dan memastikan bahwa kepintaran akan bertambah hari demi hari.

Melansir dari laman magforwoman, berikut ini adalah 8 makanan yang dapat membuat Anda lebih pintar.

1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antioksidan yang sangat kuat yang memiliki sifat anti-penuaan, bersama dengan senyawa penangkal infeksi yang mencegah bakteri dan virus.

Oleh karena itu, selain terhindar dari flu, infeksi, dan batuk serta pilek musiman, bawang putih juga membuat Anda tetap awet muda di hati dan pikiran. Ini juga menangkis penyakit kardiovaskular.

2. Sayuran berdaun hijau tua

Homocysteine ​​​​adalah bahan kimia yang membantu dalam metabolisme protein dalam tubuh. Tetapi kelebihan homosistein dapat menyebabkan kerusakan dengan merusak dinding arteri. Ini dapat menyebabkan penurunan kognitif dan penyakit seperti Alzheimer.

Oleh karena itu, homosistein ini perlu dipecah lebih lanjut agar tidak berbahaya. Sayuran berdaun hijau tua mengandung folat dan vitamin B12 dan B6, yang membantu memecah homosistein dan mempertahankan otak untuk bisa lebih cerdas.

3. Bayam

Bayam juga mengandung antioksidan kuat yang, seperti bawang putih, memiliki sifat anti-penuaan. Oleh karena itu, selain mencegah penuaan dan penyakit terkait usia, bayam juga mencegah defisit kognitif dan degradasi sistem saraf pusat.

Bayam mengandung folat yang membantu memecah homosistein.

4. Ikan

Ikan berminyak mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk jantung dan otak. Asam lemak omega-3 dalam darah akan memicu sekresi serotonin, hormon otak yang meningkatkan mood.

Termasuk ikan juga memastikan bahwa memori Anda akan lebih kuat, kemampuan belajar yang efektif dan sistem saraf yang kokoh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Anggur merah atau Jus anggur

Anggur merah, bila dikonsumsi secukupnya, membantu meningkatkan umur panjang. Namun anggur merah mengandung alkohol yang memiliki kelemahan tersendiri. Oleh karena itu, jus anggur bisa menjadi alternatif yang lebih baik.

Anggur merah dan jus anggur mengandung antioksidan tinggi. Mereka juga membantu dalam meningkatkan keterampilan motorik Anda serta memori jangka pendek secara signifikan.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun, terutama jenis extra virgin, mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol. Polifenol membantu mengatur tingkat tekanan darah normal dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah Anda.

7. Beras merah dan gandum utuh

Beras merah baik untuk kesehatan kognitif secara keseluruhan karena mengandung vitamin dan mineral penting tertentu seperti magnesium.

Biji-bijian utuh mengandung vitamin B6 yang membantu memecah dan mengurangi kadar homosistein dalam tubuh Anda.

8. Blueberry

Blueberry mengandung banyak antioksidan yang membantu dalam menangani dan menghilangkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Blueberry juga mencegah penyakit terkait usia dan meningkatkan koordinasi dan keseimbangan.

Mereka memiliki manfaat untuk meningkatkan memori dan keterampilan motorik. Blueberry menjaga tekanan darah Anda tetap normal dan membantu mencegah stroke dengan melindungi pembuluh darah halus di otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.