Sukses

Deretan Produk Investasi yang Ditawarkan CIMB Niaga Lewat Aplikasi Digital

PT Bank CIMB Niaga Tbk mencatat adanya kenaikan total transaksi sebesar 84 persen melalui perbankan digital OCTO Mobile selama setahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan perbankan digital selama pandemi semakin diminati karena nasabah tidak perlu lagi berkunjung ke bank langsung. PT Bank CIMB Niaga Tbk mencatat adanya kenaikan total transaksi sebesar 84 persen melalui perbankan digital OCTO Mobile selama setahun terakhir.

Data tersebut menjadi salah satu dasar bagi CIMB Niaga untuk menawarkan sejumlah produk investasi, salah satunya adalah reksa dana. Head of Digital Banking, Branchless, and Partnership CIMB Niaga, Bambang Karsono Adi memaparkan sebanyak 52,3 persen transaksi reksa dana sudah dilakukan melalui aplikasi OCTO Mobile pada kuartal II 2021.  

CIMB Niaga melakukan kerja sama dengan 11 Manajer Investasi (MI) yang memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti Manulife, Mandiri Investasi, Schroders, hingga Danareksa. Terdapat 74 produk reksa dana yang bisa disesuaikan dengan profil risiko nasabah, dimulai dari tingkatan low, moderate, conservative, growth, dan aggressive.

Diketahui, investasi reksa dana di OCTO Mobile dapat dimulai dengan minimal Rp 100.000. Tidak hanya sekadar melakukan pembelian reksa dana, nasabah juga bisa melakukan penjualan atau pengalihan reksa dana.

“Salah satu keamanan device yang ditempatkan pada pembelian investasi adalah kita menyesuaikan berdasarkan profil risiko yang dipilih nasabah. Jadi kalau saya low, saya tidak akan bisa beli produk reksa dana aggressive,” jelas Branchless Banking Business Development Head CIMB Niaga, Lusiana Saleh di acara virtual Diskusi Bersama CIMB Niaga, Senin (30/8/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produk Investasi Lainnya

Produk investasi lainnya yang juga ditawarkan adalah deposito, tabungan berjangka, tabungan valuta asing, obligasi, dan asuransi.

Produk deposito memiliki minimal penempatan sebesar Rp 5 juta dengan jangka waktu 1,3,6, dan 12 bulan. Selanjutnya, produk tabungan berjangka tersedia dengan jangka waktu hingga 36 bulan secara harian, mingguan, dan bulanan. Adapun minimal penempatan untuk harian sebesar Rp 10.000, serta mingguan dan bulanan sebesar Rp 100.000.

Sebanyak 10 mata uang asing juga disediakan untuk produk tabungan valuta asing melalui OCTO Mobile. Produk ini sesuai untuk pengguna yang memiliki kebutuhan terhadap valuta asing seperti sekolah di luar negeri.

Lalu, produk obligasi untuk SBN Ritel memiliki minimal penempatan sebesar Rp 1 juta dan obligasi sekunder dengan minimal penempatan sebesar Rp 10 juta. Terakhir, asuransi yang merupakan produk investasi terbaru tersedia dalam bentuk jiwa, kesehatan, dan pencurian yang didukung oleh perusahaan Sun Life dan Sompo.

3 dari 3 halaman

Upaya untuk Tingkatkan Minat Investasi

OCTO Mobile memiliki 45 ribu hingga 55 ribu nasabah baru setiap bulannya. Adapun mayoritas kelompok usia pengguna aplikasi tersebut adalah 27-35 tahun, diikuti dengan kelompok usia 35-45 tahun. Reksa dana menjadi produk investasi yang diminati oleh kalangan muda.

Untuk meningkatkan minat investasi, CIMB Niaga mengedukasi nasabah terkait kemudahan dalam melakukan investasi saat ini. Edukasi akan disesuaikan dengan segmentasi nasabah sesuai dengan usianya.

Selain itu, CIMB Niaga akan mengedukasi terkait keamanan investasi yang bergantung pada profil risiko nasabah. Terakhir, menegaskan kembali kepada nasabah bahwa investasi tidak selamanya membutuhkan uang yang banyak.

“Kita akan terus mengembangkan fitur-fitur dan produk yang digunakan oleh nasabah. Harapannya nasabah semakin nyaman bertransaksi tanpa perlu datang ke cabang. Tidak lupa juga dari sisi keamanannya,” kata Lusiana.

 

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini