Sukses

Mau Tahu Rahasia Kulit Wajah Sehat? Rutin Lakukan 5 Cara Ini

Untuk membuat kulit wajah sehat sebetulnya cukup mudah.

Liputan6.com, Jakarta Tampilan wajah yang terlihat sehat selalu menjadi dambaan setiap wanita. Demi mendapatkannya, tidak sedikit wanita kemudian melakukan berbagai cara untuk merawat kulit wajahnya tersebut.

Untuk membuat kulit wajah sehat sebetulnya cukup mudah. Yang terpenting adalah rutin membersihkannya. Jangan harap mendapat kulit wajah yang sehat jika Anda pun masih acuh untuk merawatnya.

Dikutip dari laman Times of India, Senin (23/08/2021), berikut ini lima rutinitas perawatan wajah yang harus dilakukan para wanita jika ingin mendapatkan kulit yang sehat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Membersihkan Wajah

Langkah pertama dan terpenting untuk menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan rutin membersihkan wajah. Terlebih setelah Anda beraktivitas dan wajah dirias dengan make up. Meskipun mungkin lelah ketika tiba di rumah, Anda tetap harus membersihkan wajah.

Bahkan membersihkan wajah tidak hanya pada saat setelah menggunakan make up, tetapi juga setelah Anda bepergian. Sebab, kotoran pasti akan menempel pada kulit wajah.

Selain itu, membersihkan kulit wajah juga bisa menghilangkan minyak di wajah yang berlebih serta mampu mengangkat sel kulit mati sehingga dapat mempertahankan hidrasi kulit. Oleh karena itu, rutin bersihkanlah wajah ketika pagi dan malam hari.

 

 

3 dari 6 halaman

2. Banyak Minum Air Putih

Selain rutin membersihkan wajah, Anda juga perlu banyak minum air. Sebab, air merupakan bagian penting untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.

Setiap orang harus minum setidaknya 8 hingga 12 liter air per harinya. Yang terhidrasi pun bukan hanya kulit wajah, melainkan tubuh Anda. Oleh karena itu, banyak-banyaklah minum air agar tidak dehidrasi.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Eksfoliasi

Setiap orang pasti memiliki sel kulit mati yang beberapa saat perlu dihilangkan. Hal itu pun juga membantu untuk membuat kulit menjadi lebih sehat. Caranya tentu dengan pengelupasan kulit atau akrab disebut eksfoliasi.

Pengelupasan kulit ini dianggap bekerja sangat baik untuk kulit. Cara ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari lapisan luar kulit. Selain itu, juga terbukti dan bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, mencerahkan, dan memperbaiki penampilan kulit.

Seseorang perlu melakukan eksfoliasi setidaknya dua kali dalam seminggu. Rutinlah untuk melakukan eksfoliasi demi menghilangkan sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat lebih segar dan sehat. Anda mungkin bisa menggunakan scrub atau seru yang mengandung AHA.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Menggunakan Tabir Surya

Jangan anggap remeh tabih surya. Sebab, menggunakan tabir surya adalah salah satu aspek terpenting untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan selain itu, tabir surya ini bisa menjadi pelindung kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UVA dan UVB matahari.

Tabir surya yang baik dapat diterapkan setelah melakukan rutinitas perawatan kulit sebelum mengaplikasikan make up.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Menggunakan Serum

Terakhir adalah menggunakan serum. Serum ini perlu masuk ke dalam daftar perawatan wajah karena dapat membuat kulit terhidrasi dan bercahaya. Akan tetapi, menggunakan serum ini ada aturannya. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Beberapa serum yang baik adalah yang mengandung Hyaluronic Acid yang dapat menghidrasi kulit dan mempertahankan kelembapan. Selain itu, juga mengandung Niacinamide yang dapat membuat kulit lebih halus dan bersih.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.