Sukses

5 Kunci Jalani Hidup dengan Makanan Sehat, Ini Kata Ahli Nutrisi

Seorang ahli nutrisi yang menyatakan bahwa menerapkan diet sehat, bukan hanya dari makanan saja, melainkan kesehatan mental dan jiwa seseorang

Liputan6.com, Jakarta Amelia Freer, seorang ahli gizi terkenal di Inggris ini telah melayani klien seperti Sam Smith hingga Victoria Beckham untuk menangani masalah kesehatan makanan.

Alih-alih menyebutkan bahwa tidak hanya menyehatkan tubuh dari makanan saja, tetapi memerlukan kesehatan pikiran dan jiwa agar dapat menjalaninya dengan bahagia.

Makanan bergizi yang dikonsumsi harus memiliki keseimbangan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, agar bisa menjalaninya dengan mulus untuk hidup yang lebih baik, pola pikir klien menjadi kunci utama.

Selama beberapa tahun belakangan ini⎼ditambah dengan situasi pandemi yang tidak menentu⎼pola pikir yang stres mengubah pola makan kita yang sehat sehingga apa yang dimakan tidak memiliki kualitas yang baik.

“Makanan bisa menjadi topik yang emosional karena berkaitan erat dengan kenangan, keluarga, budaya, identitas, dan hal lainnya,” ujar Freer kepada Vogue.

Selanjutnya, Freer pun melihat beberapa faktor sebelumnya secara konsisten memperlakukan diri sendiri untuk bersikap sabar terhadap makanan agar mempraktekkan gaya hidup yang lebih sehat dengan senang.

“Tidak ada yang sempurna, dan memang kesempurnaan bukanlah sesuatu yang harus dicapai,” tambahnya.

Namun, hal yang paling sulit untuk dilakukan selama pembatasan sosial ini adalah melakukan konsultasi secara langsung. Belakangan ini, cara yang dilakukan agar tetap dapat berkomunikasi dan mengedukasi klien dengan membuka kelas kursus secara virtual bernama ‘The Joy of Healthy Eating with Create Academy’.

Edukasi tersebut berdurasi sepuluh menit dan menjelaskan saran serta rekomendasi yang dapat dilakukan Anda ketika ingin menjalankan diet dan gaya hidup sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunci Menjalani Diet Sehat

1. Fokus Tingkatkan Makanan Padat Nutrisi

Jenis makanan yang dibutuhkan merupakan langkah terpenting dalam membangun pola makan yang sehat dan menjamin keberlangsungan gaya pola hidup sehat ini. Satu perubahan yang dilakukan dalam hidup membuat perubahan yang signifikan bagi tubuh.

Hal tersebut tentunya dengan meningkatkan asupan nutrisi padat dalam makanan seperti buah-buahan, sayuran. Lemak sehat, air, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Pikirkan tentang Keseimbangan

Freer memiliki aturan praktis yang mendasar untuk mengolah makanan lezat sehingga membantu Anda dapat memenuhi semua elemen penting dalam makanan. Dengan demikian, hal tersebut dapat memberikan tubuh kita beragam makanan yang dibutuhkan setiap hari.

“Saya hampir memulai dengan beragam porsi sarapan, seperti buah segar saat sarapan. Kemudian sumber protein (daging, telur, kacang-kacangan/biji-bijian), dan beberapa lemak sehat (sedikit minyak zaitun dan alpukat),” jelas Freer saat menjelaskan rutinitas makanan yang ia konsumsi.

Alternatif lainnya bisa menggunakan varian lain tentunya yang memiliki sumber karbohidrat yang sehat dan menghindari bahan-bahan makanan yang bukan alami.

3. Makanlah untuk Kesehatan Sosial, Emosional, dan Fisik

“Kegembiraan sangat penting dalam hal makan dan memang hidup sehat secara umum,” papar Freer.

Merasa senang dan bahagia saat makan adalah salah satu kesenangan sederhana yang paling penting dalam hidup, tetapi seringkali esensi kebahagiaan ini diabaikan. Tak hanya itu, kesehatan sosial dan emosional juga berlaku dalam menjaga keseimbangan tubuh untuk menuju hidup yang lebih sehat.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Tidak Melulu tentang Makanan

Kegiatan makan bukan terjadi begitu saja, melainkan hampir berkaitan erat dengan seluruh aspek kehidupan dan kesehatan dari manusia. Mulai dari pekerjaan, keluarga, istirahat, hingga aktivitas sehari-hari yang dijalankan.

Daripada merasa berat untuk menjalankan pola hidup sehat, mungkin Anda bisa berfokus pada aspek-aspek yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

5. Pikirkan tentang Keberlanjutan Hidup

Ketika memfokuskan diri untuk melihat tujuan yang lebih luas dari menerapkan gaya hidup sehat ini, akan mempermudah Anda untuk menjalaninya. Salah satunya dengan melihat situasi dan kondisi lingkungan Bumi.

Keputusan pembelian makanan untuk dikonsumsi semakin penting untuk dipertimbangkan mengingat sudah banyak polusi makanan yang terjadi di beberapa wilayah/negara. 

“Meskipun ini adalah topik yang kompleks dari berbagai aspek, kesadaran adalah langkah pertama untuk membuat keputusan secara sadar,” jelas Freer.

Oleh karena itu, Freer menambahkan bahwa ia sangat senang mendorong makan musiman karena membantu individu terhubung dengan alam secara tidak langsung seperti siklus bertani dan bercocok tanam.

Tak hanya itu, hal tersebut memungkinkan kita juga untuk membeli lebih banyak makanan lokal dan dapat menikmatinya dari berbagai variasi makanan sepanjang tahun.

Reporter: Caroline Saskia

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini