Sukses

Segera Atasi Bibir Pecah dan Kering dengan 5 Bahan Alami Ini

Bibir pecah-pecah umumnya terjadi karena bibir Anda dalam kondisi cuaca kering/panas atau kurang minum air putih sehingga bibir mengalami dehidrasi.

Liputan6.com, Jakarta Bibir pecah-pecah umumnya terjadi karena bibir Anda dalam kondisi kering. Tidak jarang juga menimbulkan rasa sakit atau perih karena kondisi cuaca sedang dingin/kering atau mengalami dehidrasi.

Bibir bukanlah seperti bagian kulit lain yang punya kelenjar minyak dan dapat mencegah terjadinya kekeringan dengan sendirinya. Perlu bantuan dari luar untuk melembabkan bibir agar terlihat lebih lembut dan berkilau.

Hal menariknya adalah faktor yang menyebabkan bibir Anda kering bukan saja diakibatkan faktor lingkungan saja, melainkan asupan makanan yang dikonsumsi, seperti punya kebiasaan merokok, kurang vitamin C dari sayur atau buah. 

Oleh karena itu, mengingat situasi pandemi yang mengharuskan setiap orang harus di rumah saja, berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai pelembab bibir Anda. Ada apa aja sih?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Bahan Alami untuk Pelembab

1. Madu

Madu adalah pelembab alami yang bisa dijadikan salah satu alternatif Anda. Mengutip dari insider, sifat antibakteri yang dimiliki dapat mencegah infeksi.

Tak hanya itu, madu pun dikenal dengan khasiatnya yang dapat membantu meredakan luka atau retakan yang disebabkan oleh bibir pecah-pecah.

“Madu dapat bekerja sebagai eksfoliator ringan yang dapat membantu menghilangkan kulit kering dan mati di bibir,” ujar ahli perawatan kulit Jacobi Medical Center Konstantin Vasyukevich kepada insider, Senin (16/08/2021).

Oleh karena itu, penggunaannya dapat dioleskan secara langsung ke bibir Anda. Lalu, diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan. Dengan rasa yang manis, mungkin ada keinginan untuk menjilatnya. Untuk menghindari hal tersebut, ahli menyarankan untuk mengaplikasikannya sebelum Anda tidur atau membiarkannya semalaman

2. Gula

Gula dapat digunakan untuk scrub alami bibir karena dapat mengelupaskan kulit mati dan membersihkan bibir Anda agar lebih berkilau. Ketika sel kulit mati di bibir Anda menumpuk, hal tersebut dapat mencegah bibir Anda mendapatkan kelembaban yang cukup.

Dengan begitu, menggunakan gula sebagai eksfoliator sangat mudah untuk dilakukan.

Bisa mencampurnya dengan minyak kelapa lalu oleskan ke bibir Anda. Gosok secara perlahan dengan gerakan memutar dan bersihkan. Tak lupa untuk oleskan minyak kelapa untuk kembalikan kelembapan bibir Anda.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang sangat bagus untuk meningkatkan kelembaban bibir Anda sekaligus mencegahnya mengering. Kandungan yang ada memiliki sifat anti inflamasi.

Maksudnya, dapat meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan bibir Anda saat dalam kondisi kering. Sifat antibakterinya pun bisa membantu bibir Anda bebas dari kuman dan mencegah infeksi dari bibir pecah.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Mentimun

Mentimun, salah satu sayur yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Adapun dikenal dengan sifatnya yang dapat menghidrasi sehingga dapat menghilangkan segala jenis kekeringan yang dialami bibir Anda, serta sekaligus memberi vitamin dan mineral sesuai kebutuhan.

Bila bibir Anda kering saat cuaca kering, dapat gunakan mentimun dengan menggosok lembit irisan mentimun di bibir Anda selama 10 menit. Kemudian, bilas hingga bersih.

5. Lidah Buaya

Tanaman hijau yang berduri ini punya khasiat menghasilkan gel pelembab. Memiliki cara kerja menarik uap air dari udara ke permukaan kulit sehingga bibir Anda dapat terhidrasi dan tidak kering.

Mengutip dari laman Times of India, meskipun terdapat rasa pahit, gel pelembab ini dapat membantu Anda mendapatkan bibir lembut, mengkilap, mendorong regenerasi sel kulit baru, dan membantu luka untuk sembuh dengan cepat.

Bila Anda memiliki tanaman lidah buaya, dapatkan gelnya untuk dijadikan pelembab. Oleskan pada bibir dan biarkan semalaman serta bilas di pagi hari.

Namun, jangan lupa untuk tes reaksi alergi dulu sebelum coba memakainya.

Reporter: Caroline Saskia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.