Sukses

6 Tips Kurangi Pigmentasi di Wajah dengan Bahan Mudah dan Alami

Tips mengurangi pigmentasi pada wajah.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak penyebab pigmentasi pada kulit. Paparan sinar matahari dan masalah pada sel penghasil melanin adalah dua alasan utama kulit mengalami pigmentasi berlebih.

Tidak mungkin menghilangkan tanda berpigmen kecuali Anda menjalani proses bedah atau laser. Tetapi, bahan-bahan alami ini dapat digunakan untuk menguranginya tentu dengan mengikuti beberapa tips sederhana yang dilansir dari magforwoman.

1. Kentang dan jus lemon

Kentang dan lemon sama-sama baik untuk kulit berpigmen karena memiliki sifat pemutihan alami. Ambil satu bagian jus kentang dan satu bagian jus lemon. Aduk rata dan oleskan pada wajah Anda.

Simpan selama sekitar lima belas hingga dua puluh menit. Ikuti prosesnya setiap dua hari sekali untuk mengurangi pigmentasi dan pori-pori kecil pada kulit.

2. Bubuk kunyit dan yoghurt

Kekuatan kunyit baik untuk mengurangi tanda dari kulit dan juga efektif untuk pigmentasi. Ambil beberapa bubuk kunyit dan aduk rata dengan tiga sendok makan yoghurt. Gunakanlah sebagai masker wajah.

Oleskan pada wajah dan biarkan mengering. Kemudian, cuci muka Anda dengan air hangat, dan itu akan mengurangi bekas di wajah dengan cara yang paling alami.

3. Jus mentimun dan bawang merah

Bau jus bawang mungkin menyengat tapi bagus untuk noda dan bintik-bintik. Jus mentimun lagi-lagi memiliki sifat pemutihan alami.

Campur kedua jus di bagian yang sama dan oleskan ke kulit. Biarkan mengering secara alami atau tunggu sekitar lima belas menit. Cuci wajah dengan air hangat untuk hasil terbaik. Terapkan ini setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jus tomat dan minyak vitamin E

Jus tomat alami dapat memberikan keajaiban bagi kulit. Jus tomat dapat mengurangi bintik-bintik dan tanda pigmentasi di wajah Anda.

Ambil sebagian jus tomat dan tambahkan satu sendok teh minyak vitamin E alami ke dalamnya. Aduk rata sebelum mengaplikasikannya pada wajah Anda. Cuci wajah setelah dua puluh menit untuk hasil terbaik. Ini dapat membantu mengurangi tanda berpigmen juga.

5. Jus lidah buaya dan oatmeal

Jus lidah buaya juga memiliki sifat penyembuhan kulit alami. Jadi, efektif untuk mengurangi bekas dan flek pada kulit.

Ambil sebagian jus lidah buaya dan tambahkan beberapa bubuk oatmeal di dalamnya. Buat campuran dan oleskan pada wajah.

Cuci muka setelah beberapa waktu. Anda akan melihat perubahan pada tekstur kulit dan tanda pigmentasi di wajah juga akan memudar.

6. Rawat wajah

Gunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Jangan gunakan produk yang keras pada wajah karena dapat meningkatkan pigmentasi. Penting agar menggunakan riasan minimal jika wajah penuh dengan pigmentasi.

Semakin sering mencuci muka dengan air hangat, maka akan semakin berdampak positif bagi kulit wajah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini