Sukses

Ketahui 5 Manfaat Daun Mint Buat Perawatan Kulit

Beberapa orang mungkin belum mengetahui apa manfaat yang diberikan oleh daun mint.

Liputan6.com, Jakarta Daun mint sering dipakai dalam produksi perawatan kulit, seperti sabun cuci muka, pelembap, dan losion. Kandungan nutrisi di dalamnya dinilai bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Ada pula sifat antibakteri yang kuat bisa bekerja sebagai pembersih atau toner untuk wajah.

Beberapa orang mungkin belum mengetahui apa manfaat yang diberikan oleh daun mint. Dikutip dari laman Times of India, Rabu (4/8/2021), berikut ini lima manfaat dari daun mint yang bisa dijadikan sebagai bahan perawatan kulit alami.

1. Mengobati jerawat

Daun mint kaya akan asam salisilat dan vitamin A. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengontrol sekresi minyak sebum di kulit. Jenis daun ini cocok untuk perawatan seseorang yang memiliki kulit berminyak yang rentan dengan jerawat. Di samping itu, sifat antibakteri dan antijamur dari daun mint ini dianggap mampu mencegah peradangan kulit dan jerawat.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan krim yang mengandung daun mint ini pada jerawat dan biarkan selama kurang lebih 15 menit hingga mengering. Lakukanlah secara rutin untuk membantu menghilangkan bekas jerawat.

2. Menyembuhkan luka

Sifat antiinflamasi yang kuat dari daun mint ini dapat membantu menyembuhkan luka. Bisa luka bekas gigitan nyamuk atau bahkan kulit gatal.

Caranya cukup mudah. Anda cukup menghaluskan daun mint ini dan mengoleskannya pada area yang diperlukan. Bahkan daun mint ini juga dipercaya mampu menyembuhkan luka dan akan dapat menenangkan iritasi serta luka bakar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Melembapkan dan mengencangkan kulit

Secara alami, daun mint dapat berperan sebagai zat ringan yang dapat membantu mengencangkan kulit. Selain itu, juga dapat menghilangkan kotoran dari pori-pori. Kandungan zat ringat itu pula yang dinilai mampu mengubah kulit menjadi kenyal, mencegah kerutan, dan terhidrasi dengan baik. Bahkan bisa juga bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit.

Caranya adalah cukup dengan mengoleskan pada wajah. Diamkanlah selama beberapa menit, 20-25 menit.l

4. Mengurangi lingkaran hitam

Selain mengandung salisilat dan vitamin A, daun mint juga mengandung antioksidan. Kandungan tersebut baik untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Aplikasikanlah pasta daun mint di area mata yang berwarna hitam dan diamkanlah semalaman. Lakukanlah secara rutin untuk mencerahkan kembali area mata tersebut.

5. Mencerahkan kulit

Daun mint memiliki sifat antiseptik yang mampu mencegah kulit berkembang menjadi bintik-bintik atau ruam akibat polusi. Selain itu, juga bisa mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Oleskanlah ekstrak daun mint ke kulit kusam Anda. Lakukancalah secara rutin untuk bisa mencerahkan kulit.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.