Mulai Sekarang Jauhkan Ponsel Lebih Sedikit Dari Anda, Ini Beberapa Alasannya

Oleh Helena Yupita pada 31 Jul 2021, 10:54 WIB
Diperbarui 31 Jul 2021, 17:55 WIB
Harus Berapa Jauh Meletakkan Ponsel Tempat Tidur?
Perbesar
Harus Berapa Jauh Meletakkan Ponsel Tempat Tidur?

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa melepaskan ponsel dari tangan? Tanpa sadar Anda telah menjadi budak perangkat. Baik itu untuk informasi, hiburan, teman, diskusi atau bahkan perhatian, sementara generasi muda mungkin tidak terlalu memikirkannya.

Kecanduan terhadap ponsel bisa berpotensi membahayakan untuk diri Anda. Melansir dari laman magforwoman, berikut beberapa alasan harus mengurangi penggunaan ponsel.

1. Anda harus mengembangkan minat yang sebenarnya

Sangat sering lupa bahwa ada dunia di luar ponsel. Buang saja ponsel di rumah, berjalan-jalan, introspeksi dan kenali apa yang sebenarnya Anda inginkan dari hidup ini.

Temukan apa yang membuat Anda bersemangat dan kejar dengan sepenuh hati.

2. Fokus pada interaksi pribadi

Bisakah Anda memeluk ayahmu dan merasakan kekuatannya yang menenangkan di sekitarmu melalui telepon? Bisakah Anda mencium ibumu selamat malam melalui telepon?

Ini adalah gerakan kecil yang memainkan peran besar dalam kehidupan. Ponsel hanya merebut hal-hal berharga ini pergi.

Meskipun mungkin diperlukan untuk tetap berhubungan, terus-menerus berbicara di telepon dapat menjauhkan Anda dari interaksi pribadi dan tatap muka.

3. Permainan luar ruang mengambil kursi belakang

Ribuan aplikasi game kini tersedia di ponsel. Dengan popularitas mereka yang semakin meningkat, kemalasan Anda juga akan bertambah.

Anda tidak hanya akan merusak penglihatan karena bermain game, tetapi juga akan berhenti keluar kamar dan bermain game nyata yang meningkatkan energi seperti sepak bola, bulu tangkis, dan sejenisnya.

Aktivitas fisik dan akibatnya kesehatan Anda hanya menjadi masalah karena ponsel.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Menghindari kecemasan

Jauhkan Ponsel Selama WFH
Perbesar
Ilustrasi WFH Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menggunakan ponsel sepanjang hari lebih cemas dan gelisah dibandingkan dengan orang lain.

Mereka tampaknya mencari penerimaan dan pengakuan melalui perangkat dan ketika mereka tidak mendapatkannya, mereka menjadi individu yang Depresi, mudah tersinggung, dan tidak sosial.

Jadi, jauhkan ponsel untuk menghindari kecemasan.

5. Perlu mengistirahatkan pikiran

Terus-menerus mengobrol di telepon memberi tekanan yang tidak semestinya pada otak. Anda akan merasakan pusaran di pikiran begitu jauh dari ponsel.

Jangan mempermainkan kesehatan mental hanya karena tidak bisa hidup tanpa berbicara setidaknya 6-7 kali dalam sehari. Biarkan pikiran Anda beristirahat sehingga dapat berpikir dan berfungsi secara normal keesokan harinya.

6. Menyelamatkan diri dari bahaya radiasi

Ponsel memancarkan radiasi elektromagnetik yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada otak, mata, jaringan internal, dan sirkulasi darah.

Sinar ini juga ditemukan bersifat karsinogenik. Penggunaan ponsel secara berlebihan dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan katarak dini.

Mengapa mempertaruhkan masa depan Anda untuk sesuatu yang tidak berguna seperti ponsel?

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Wastafel Ala Difabel

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya