Perhatikan! Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Sedang Menstruasi

Oleh Helena Yupita pada 14 Jul 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 14 Jul 2021, 10:54 WIB
Gambar Ilustrasi Wanita Mengalami Kram Perut Saat Menstruasi
Perbesar
Sumber : Freepik

Liputan6.com, Jakarta Ini adalah sesuatu yang semua wanita alami setiap bulan. Beberapa mengalaminya dengan mudah dan itu seperti hari normal lainnya dan beberapa mengalami banyak rasa sakit ketika tiba waktunya menstruasi.

Bahkan jika Anda tidak mengalami ketidaknyamanan fisik, saat sedang menstruasi bisa sangat sulit karena harus menghadapi perubahan hormonal yang berbeda dalam tubuh.

Bijaksana untuk menghindari melakukan hal-hal tertentu ketika mengalami menstruasi demi Anda dan juga untuk orang lain yang berhubungan.

Terkadang Anda sama sekali tidak memiliki penjelasan yang masuk akal untuk hal-hal yang dilakukan selama menstruasi. Disebut histeris dan rasa sakit juga biasa terjadi dan Anda harus menghadapinya. Melansir dari laman magforwoman, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan selama menstruasi.

Beberapa dari hal ini mungkin terdengar konyol tetapi itu akan sangat masuk akal.

1. Jangan pernah bertengkar saat sedang haid

Berhati-hatilah saat bertengkar selama menstruasi. Anda akan menjadi ekstra emosional saat ini dan jika sedang mengalami ketidaknyamanan fisik, Anda akan menyalurkan semua itu ke dalam emosi sesaat.

Anda bahkan mungkin akhirnya mengatakan hal-hal yang tidak dapat ditarik kembali atau yang akan disesali. Tunggu semuanya sampai tenang dan mencoba untuk tidak terlibat dalam argumen apa pun.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Jangan memakai pembalut untuk waktu yang lama

[Fimela] ilustrasi pembalut
Perbesar
ilustrasi pembalut | unsplash.com/@thefemalecompany

Jika Anda tidak mengalami aliran yang deras, penting bagi untuk mengganti pembalut secara teratur. Ini adalah hal yang higienis untuk dilakukan dan juga akan mengurangi bau. Menggunakannya untuk waktu yang lama akan menyebabkan bau tidak sedap dan menimbulkan penyakit.

3. Jangan membuat diri kelaparan dan melakukan pekerjaan fisik

Banyak wanita ingin menghindari makanan ketika mereka sedang menstruasi. Tetapi penting bahwa Anda makan dengan baik untuk menebus semua kehilangan darah itu. Jangan pernah membuat diri kelaparan saat menstruasi karena bisa pingsan atau bahkan anemia.

Jika Anda sudah mengalami sakit punggung bagian bawah dan kram perut, jangan melakukan pekerjaan fisik yang bisa lebih menyakiti.

4. Jangan terlalu sering membersihkan bagian pribadi saat sedang menstruasi

Beberapa wanita berlebihan dengan sedikit kebersihan dan menggunakan banyak sabun dan produk pembersih lainnya saat mereka menstruasi. Jangan lakukan ini!

Seharusnya ada sejumlah bakteri baik di daerah vagina dan pembersihan yang berlebihan hanya akan membunuh mereka semua. Hal ini juga akan membuat kulit terasa perih dan justru membuatnya rentan terhadap infeksi.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Wastafel Ala Difabel

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya