Sembuhkan Sakit Gigi dengan Pengobatan Mudah di Rumah

Oleh Helena Yupita pada 08 Jul 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 08 Jul 2021, 18:00 WIB
Sakit gigi anak/dok. Unsplash Zahra
Perbesar
Sakit gigi anak/dok. Unsplash Zahra

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang setidaknya pernah merasakan sakit gigi. Anda pasti merasakan rasa sakit berdenyut yang muncul. Bukan hanya mulut, tetapi seluruh wajah dan terkadang bahkan kepala ikut merasakan tekanan.

Meskipun kebanyakan kasus hanya dokter gigi yang dapat menyembuhkan sumber masalahnya, namun, ada berbagai pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda setidaknya untuk meringankan rasa sakit.

Melansir dari laman magforwoman, berikut 9 pengobatan rumahan yang manjur untuk sakit gigi.

1. Daun bayam

Ambil beberapa daun bayam dan kunyah pada gigi yang sakit. Anda juga bisa membuat pasta bayam dan mengoleskannya langsung di sekitar area yang terkena untuk meredakannya dengan lebih baik. Sarat dengan kalsium dan zat besi, bayam bekerja paling baik untuk mengatasi masalah gigi.

2. Daun jambu biji

Kunyah daun jambu biji yang masih segar dan empuk sampai airnya keluar. Pegang pada gigi yang terkena untuk bantuan cepat.

Anda juga bisa merebus daun jambu biji dalam panci berisi air, biarkan hangat, tambahkan sedikit garam dan gunakan sebagai obat kumur. Ini adalah sifat anti-bakteri dalam jambu biji yang membuatnya menjadi obat yang efisien untuk sakit gigi.

3. Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu obat herbal terbaik untuk sakit gigi. Giling seluruh cengkeh dan oleskan pada rongga gigi yang meradang atau di sekitar area yang sakit gigi. Anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh, dengan mengoleskannya pada bola kapas sebelum mengoleskannya pada area yang sakit.

Ingatlah untuk menggunakan hanya satu atau dua tetes minyak cengkeh karena berbahaya, jika digunakan secara berlebihan. Pilihan terbaik adalah mengencerkan minyak cengkeh dalam air, atau menghancurkan cengkeh dan mencampurnya dengan beberapa tetes minyak goreng dan menerapkannya sesuai kebutuhan.

4. Bawang putih

Bawang putih secara efektif digunakan dalam obat-obatan herbal melawan banyak penyakit termasuk sakit gigi. Kunyah dua siung bawang putih dan tempelkan pada gigi yang sakit.

Anda juga bisa menghancurkan bawang putih atau menggunakan bubuk bawang putih dan menambahkan sedikit garam batu dan mengoleskannya ke area yang sakit.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Jus rumput gandum

Benarkah Sakit Gigi Pengaruhi Kecerdasan Anak?
Perbesar
Benarkah Sakit Gigi Pengaruhi Kecerdasan Anak?

Sebuah antibiotik alami, rumput gandum adalah obat yang efektif untuk sakit gigi. Mengunyah rumput gandum atau mencuci mulut menggunakan jus rumput gandum akan menghilangkan racun dari gusi dan mengurangi sakit gigi.

6. Bawang

Mengunyah bawang mentah secara bertahap akan meredakan sakit gigi. Jika mengunyah sulit, cukup letakkan sepotong bawang di daerah yang terkena. Bawang memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang membantu dalam memerangi sakit gigi.

7. Daun teh

Siapkan secangkir teh dan tempelkan kantong teh ke gigi yang sakit. Anda akan merasakan efek mati rasa yang disebabkan oleh tanin dalam daun teh. Ini akan membantu meringankan rasa sakit untuk sebagian besar.

8. Pisang raja

Dianggap sebagai ramuan penyembuhan, pisang raja paling baik untuk mengobati luka, peradangan, memar dan sengatan. Kunyah daun pisang raja selama beberapa waktu dan tahan jus di daerah yang meradang. Ulangi ini beberapa kali untuk kelegaan yang baik.

9. Akar jahe

Kaya akan sifat antibakteri, jahe adalah ramuan hebat yang dapat menyembuhkan luka dan pembengkakan. Mengunyah akar jahe atau mengoleskan jus jahe dapat mengurangi rasa sakit dari gigi yang sakit.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Wastafel Ala Difabel

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya