Sukses

Bagi Ibu Hamil, Hindari 5 Makanan Ini Demi Kesehatan Janin

5 makanan yang harus dihindari ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sedang hamil, mungkin sekarang waktunya untuk perlu memperhatikan tentang dua hal, bukan lagi satu. Apa yang dimakan akan mempengaruhi Anda sendiri dan janin selama kehamilan. Cari tahu makanan yang harus dihindari ibu hamil yang dilansir dari laman magforwoman.

1. Telur mentah atau setengah matang

Jika Anda sedang hamil dan akan makan telur, pastikan terlebih dahulu bahwa telur tersebut harus dimasak dengan baik.

Alasan mengapa telur mentah harus dihindari adalah karena terdapat kandungan Salmonella. Ini berbahaya karena dapat menyebabkan kram, mual, diare dan demam atau dalam kasus yang jarang terjadi, bahkan keguguran.

2. Keju lembut atau keju semi lunak

Biasanya keju yang dingin dan lembut juga menempati urutan teratas dalam daftar makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Namun Anda mungkin menyerah pada godaan keju jika keju dimasak dengan matang. Jangan lupa disantap selagi hangat ya.

3. Sisa makanan atau makanan dalam kemasan

Pernahkah mendengar tentang bakteri yang disebut Listeria? Jika tidak, Anda lebih baik tahu bahwa itu menyebabkan penyakit yang disebut Listeriosis.

Untuk wanita hamil, itu dapat menyebabkan gejala seperti flu. Tetapi jika Listeria ditularkan ke bayi  yang belum lahir, itu dapat menyebabkan persalinan prematur atau bahkan keguguran. Makanan sisa dan makanan kemasan harus benar-benar dihindari karena itu bisa saja mengandung Listeria jika tidak disimpan dengan benar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Daging setengah matang atau mentah

Berhentilah memanjakan lidah selama 9 bulan ke depan karena daging setengah matang atau mentah adalah salah satu makanan yang benar-benar harus dihindari oleh ibu hamil.

Selain kemungkinan mengandung Salmonella, makanan ini juga dapat menyebabkan Toxomoplasis. Selama kehamilan, Toxomoplasis dapat menyebabkan kerusakan otak pada janin.

5. Hindari jenis ikan tertentu

Ikan adalah bagian integral dari diet sehat, termasuk wanita hamil. Namun, ikan tertentu seperti lele, swordfish, broadbill, sea perch, southern blue fin tuna dan deep sea perch diketahui mengandung kadar merkuri yang tinggi dan karenanya harus dihindari oleh wanita hamil.

Tingkat merkuri yang tinggi pada ikan ini dapat menghambat perkembangan bayi Anda yang belum lahir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini