Sukses

Untuk Para Wanita, Coba 5 Cara Ini Ketika Datang Bulan Tidak Lancar

Berbeda halnya ketika seseorang mengalami menstruasi yang tidak teratur, itu dapat menjadi indikator masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Masalah tidak teraturnya haid atau menstruasi adalah hal yang biasa terjadi pada wanita di seluruh dunia. Penyebab umum dari menstruasi yang tidak teratur itu bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti gaya hidup yang tidak sehat, stres, ketidakseimbangan hormon, dan sebagainya.

Perlu diketahui, menstruasi merupakan indikator dari sistem reproduksi. Ketika seseorang tidak mengalami menstruasi dalam beberapa waktu, itu bisa menjadi tanda kehamilan. Berbeda halnya ketika seseorang mengalami menstruasi yang tidak teratur, itu dapat menjadi indikator masalah kesehatan. Hal itu tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Karena itulah, mungkin Anda bisa mencoba beberapa cara ini ketika merasa menstruasi tidak lancar. Dikutip lama Timesnownews, Selasa (29/06/2021), inilah 5 caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Konsumsi Jahe

Siapa tak kenal jenis rempah ini. Jahe mungkin salah satu rempah yang serbaguna karena memiliki banyak manfaat, khususnya di dunia kesehatan. Selain itu, manfaat dari rempah-rempah ini juga dinilai dapat membantu mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur.

3 dari 6 halaman

2. Konsumsi Pepaya Matang

Pepaya merupakan sumber karoten yang dapat membantu merangsang produksi estrogen. Hal ini juga dapat menyebabkan kontraksi otot rahim. Oleh karena itu, pepaya matang ini kurang baik jika dikonsumsi berlebihan untuk ibu hamil. Buah lezat ini lebih baik dikonsumsi bagi para wanita yang memiliki masalah menstruasi yang tidak teratur. 

4 dari 6 halaman

3. Lakukan Yoga

Bentuk-bentuk latihan seperti yoga dapat membantu memperlancar proses menstruasi. Peregangan seperti ini dapat membantu tubuh menjadi fleksibel dan memperkuat persendian dan otot. Selain itu, yoga juga dapat membantu mengatasi kram dan mengatur hormon.

5 dari 6 halaman

4. Konsumsi Kunyit

Selain jahe, ada rempah-rempah lain yang juga kaya akan manfaat. Dia adalah kunyit. Mengkonsumsi kunyit ternyata juga dapat membantu tubuh mengatur ketidakseimbangan hormon yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari ketidakteraturan menstruasi. Anda mungkin dapat mengkonsumsinya dicampurkan dengan susu.

6 dari 6 halaman

5. Cuka Sari Apel

Penggunaan cuka sari apel sebagai obat rumahan dalam mengobati berbagai kondisi kesehatan telah diakui banyak orang. Masalah haid yang tidak teratur juga bisa dibantu dengan konsumsi rutin cuka sari apel. Akan tetapi, janganlah konsumsi berlebihan karena dapat membahayakan tubuh.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini