Sukses

3 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Ketika Jadi Pengangguran

Semua itu akan baik-baik saja selagi Anda mampu mengatur dan mengondisikannya.

Liputan6.com, Jakarta Masa pandemi yang terjadi sejak tahun lalu mampu mengubah banyak hal. Keadaan ekonomi menurun, pun dengan kesejahteraan rakyatnya.

Perusahaan-perusahaan banyak yang meliburkan bahkan hingga memutuskan hubungan kerja para karyawannya. Akibatnya, banyak orang kehilangan pekerjaan dan akhirnya menjadi pengangguran.

Semua itu sangat memengaruhi kondisi seseorang, khususnya terkait masalah finansial. Harus tetap bertahan hidup meskipun berada di kondisi terburuk seperti masa pandemi ini.

Hal itulah yang kemudian dapat menyebabkan kesehatan mental seseorang ikut terganggu karena memikirkan banyak hal.

Akan tetapi, semua itu akan baik-baik saja selagi Anda mampu mengatur dan mengondisikannya. Meskipun menjadi pengangguran, juga harus tetap menjaga kesehatan mental. Berikut ini tiga cara meningkatkan kesehatan mental saat menganggur, seperti melansir Freemalaysiatoday.com, Kamis (23/06/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Bersandar pada orang lain untuk mendapatkan dukungan

Anda mungkin akan membutuhkan seseorang untuk berbagi keluh kesah  apa yang dirasakan. Terlebih setelah kehilangan pekerjaan, mungkin Anda akan merasa sedih dan ingin curhat.

Saat-saat itulah, sebenarnya Anda membutuhkan dukungan dari seseorang. Berceritalah ke orang yang Anda percaya. Selain membuat perasaan menjadi lebih baik, mungkin saja orang tersebut bisa membantu Anda mengatasi masalah yang ada.

3 dari 3 halaman

2. Istirahat

Jangan terlalu banyak memikirkan sesuatu yang membuat Anda lelah dengan sendirinya. Merasa sedih dan tertekan mungkin wajar ketika Anda baru saja kehilangan pekerjaan.

Akan tetapi, janganlah berlarut-larut. Anda harus istirahat agar kesehatan tidak terganggu. Tenangkanlah hati dan perasaan Anda terlebih dulu. Setelah itu, barulah Anda pikirkan mengenai pekerjaan.

 

3. Pelajari keterampilan baru

Ketika Anda tidak ada kerjaan saat menganggur, cobalah untuk mengisi waktu luang tersebut dengan mempelajari keterampilan baru. Buatlah hari-hari menjadi lebih produktif. Siapa tahu akhirnya Anda menemukan ide pekerjaan baru yang bisa menghasilkan uang.

Selain itu, dengan mempelajari keterampilan baru, itu juga bisa menjadi bekal untuk diri Anda sendiri ketika akan melamar ke perusahaan baru.

 Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini