Sukses

Tips Agar Dapat Keluar dari Zona Nyaman

Keluar dari zona nyaman sekarang dengan tips ini.

Liputan6.com, Jakarta Zona nyaman kita adalah tempat paling aman. Banyak orang merasa betah di sana dan tidak ingin menjauh dari situ.

Namun, terjebak di zona nyaman tertentu juga dapat menghilangkan kegembiraan, petualangan, dan kesenangan dari hidup Anda.

Rutinitas menjadi monoton dan itu juga membuat Anda berhenti belajar sesuatu hal yang baru. Melansir dari magforwoman, ini merupakan beberapa cara Anda dapat terbebas dari zona nyaman dan mencapai kesuksesan.

1. Cari tahu di mana Anda terjebak

Langkah pertama untuk keluar dari zona nyaman adalah memahami apa zona nyaman Anda saat ini. Analisis aktivitas harian dan lihat apakah ada pola yang tetap.

Apakah Anda selalu pergi ke restoran yang sama atau memakai jenis pakaian yang sama? Apakah Anda suka bergaul dengan beberapa orang tertentu atau mengikuti rutinitas yang sama setiap hari? Ini akan memberi Anda indikasi tentang pola yang diikuti.

2. Membodohi diri sendiri

Hal terpenting tentang menjauh dari zona nyaman adalah dengan melepaskan hambatan. Jangan terus-menerus khawatir tentang bagaimana orang lain akan menilai Anda atau apa yang mereka pikirkan tentang Anda.

Dengan kata lain, jangan khawatir tentang membodohi diri sendiri. Ini akan membantu diri sendiri hidup bebas tanpa mengganggu persepsi orang lain tentang Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Hadapi ketakutan

Kita semua memiliki ketakutan rasional dan irasional yang sering kali menjadi penghalang bagi pertumbuhan.

Menghadapi ketakutan Anda alih-alih melarikan diri darinya benar-benar dapat membantu keluar dari zona nyaman.

Ingatlah untuk memulai dengan perlahan dan tidak langsung melompat untuk menghadapi fobia. Minta bantuan seorang teman karena itu akan memberi motivasi yang Anda butuhkan.

4. Lakukan sesuatu yang baru

Salah satu cara paling sederhana dan paling efektif untuk keluar dari zona nyaman adalah dengan mencoba melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Ini bisa dimulai dari sesuatu yang mendasar sekalipun. Misalnya dengan bergabunglah dengan kelas musik, mencoba karaoke, atau pergi ke teater sendirian. Inti dari latihan ini adalah menempatkan diri Anda dalam situasi yang belum pernah dihadapi sebelumnya.

5. Dapatkan teman baru

Bagian tersulit adalah menjauh dari zona nyaman yang dibentuk teman untuk kita. Ambil inisiatif untuk berbicara dengan seseorang yang baru. Anda tidak perlu bertujuan untuk membentuk persahabatan yang langgeng, cukup berinteraksi dengan seseorang yang baru.

Ini akan membantu Anda menemukan orang baru dan memahami bagaimana mereka menjalani hidupnya. Anda terikat untuk mempelajari hal-hal baru dalam prosesnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini