Sukses

5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Hendak Menjual Rumah Anda

Perhatikan tips ini saat akan menjual rumah.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menjual rumahnya. Mungkin ingin pindah ke lingkungan, kota, atau bahkan negara lain yang berbeda.

Ada kemungkinan pula ingin membeli rumah yang lebih besar atau lebih kecil atau hanya menjual rumah untuk membiayai pendidikan anak-anak Anda.

Apa pun alasannya, pastikan terlebih dahulu hal-hal tertentu sudah beres sebelum menjual rumah. Ketika pindah ke rumah baru, Anda ingin semuanya beres dan berfungsi dan hal yang sama berlaku untuk orang yang ingin membeli rumah Anda.

Jangan menjual rumah dengan terburu-buru karena Anda memiliki pembeli. Perlu juga untuk melakukan banyak riset sebelum menjualnya.

Melansir dari laman magforwoman, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika menjual rumah.

1. Berkas yang lengkap

Bukan kertas biasa, tapi kertas yang memuat detail tentang rumah Anda dan semua peralatan di dalamnya. Jagalah dengan baik surat-surat garansi, tagihan listrik, dan juga surat-surat tentang penjualan asli rumah itu.

Tanpa ini bisa sangat sulit untuk menjual rumah.

2. Dapatkan perkiraan

Bukan perkiraan berapa banyak yang akan Anda dapatkan untuk rumah tersebut, meskipun itu juga sangat penting, tetapi perkiraan berapa banyak yang diperlukan untuk memperbaiki beberapa barang di rumah agar layak dijual.

Lebih banyak kerusakan di rumah Anda seperti atap bocor atau lantai yang rusak hanya akan menurunkan harga rumah tersebut. Jadi pastikan Anda memperbaikinya terlebih dahulu sebelum ingin menjualnya.

3. Jaga agar halaman tetap bersih

Jika ingin menjual rumah, Anda perlu memikat calon pembeli untuk melihat rumah. Halaman depan rumah adalah hal pertama yang akan mereka lihat dan semakin baik penampilannya, maka akan semakin banyak pula peluang untuk rumah tersebut terjual.

Rapikan halaman depan dengan memangkas rumput-rumput yang tinggi dan tak teratur, singkirkan semua daun mati dan cat kotak surat agar terlihat menarik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Rapikan rumah Anda

Singkirkan semua kekacauan di rumah sebelum Anda berani menjualnya. Rumah tidak boleh menyerupai penjualan barang rongsokan. Singkirkan terlebih dahulu semua barang-barang yang tidak layak pakai agar rumah tidak penuh dan terlihat bersih dan rapi.

Sebaliknya orang akan senang melihat rumah yang hampir kosong dan lapang.

5. Membersihkan rumah

Jika semuanya beres, hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah membersihkan rumah. Juga depersonalisasi rumah Anda.

Cat semua dinding yang berantakan. Dengan mengecat ulang tembok akan memberi kesan rumah menjadi bersih.

Semakin baik kondisi rumah, semakin besar peluang untuk mendapatkan harga yang baik untuk rumah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini