Sukses

Manfaat Cokelat Dapat Membuat Umur Panjang?

Beberapa manfaat cokelat untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit orang menjauhi cokelat karena tidak ingin berat badannya bertambah. Namun Anda harus mengetahui bahwa cokelat memiliki banyak manfaat positif jika Anda memakannya.

Melansir dari laman magforwoman, berikut adalah beberapa alasan untuk membantu Anda mau menggigit cokelat tanpa merasa bersalah.

1. Mencegah penyakit jantung

Cokelat kaya akan flavonoid. Ini adalah jenis antioksidan yang membantu dalam mencegah terjadinya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas diketahui dapat meningkatkan proses penuaan dan juga mempengaruhi jantung.

Flavonoid dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas pembuluh darah dan arteri yang membantu sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik.

Ini juga akan mengurangi LDL atau kolesterol rendah yang mengarah pada kesehatan jantung yang lebih baik.

2. Memperbaiki mood

Bukankah hidup akan mudah jika Anda bisa makan sesuatu untuk mendapatkan suasana hati yang baik? Cokelat memiliki manfaat seperti itu. Cokelat dikatakan dapat meningkatkan produksi endorfin saat dikonsumsi.

Endorfin merupakan hormon yang bertanggung jawab untuk membuat Anda bahagia dan gembira. Cokelat juga dikenal dapat melepaskan hormon serotonin yang merupakan antidepresan.

Itulah alasan mengapa banyak wanita merasa ingin memakan cokelat setiap kali mereka sedang merasa tertekan.

3. Baik untuk kulit

Salah satu alasan menarik untuk makan cokelat adalah untuk mendapatkan kulit yang bagus. Kehadiran flavonoid dalam cokelat diketahui bertanggung jawab untuk melindungi kulit dari efek berbahaya dari stres dengan mencegah kerusakan kolagen.

Cokelat juga dapat melindungi kulit dari kerusakan UV dan penuaan lebih cepat. Flavonoid meningkatkan aliran darah di kulit yang dapat membuatnya terlihat lebih muda dan juga bertanggung jawab untuk tekstur kulit yang halus. 

4. Cokelat membuat Anda tetap gesit

Cokelat terbuat dari biji kakao yang mengandung kafein. Salah satu kualitas kafein yang umum dikenal adalah bahwa ia bertindak sebagai stimulan.

Konsumsi kafein dalam bentuk kopi atau coklat dapat membuat Anda tetap terjaga dan waspada. Peningkatan kafein dapat membuat seseorang merasa lebih gesit, aktif, dan ceria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Mencegah obesitas

Makan cokelat dalam jumlah yang wajar dikaitkan dengan pencegahan obesitas. Cokelat diketahui dapat melepaskan senyawa dalam tubuh yang dapat meningkatkan metabolisme. Dan tingkat metabolisme yang tinggi berarti memiliki kecenderungan yang berkurang untuk menambah berat badan.

Meski belum ada bukti bersertifikat mengenai hal ini, Anda bisa mencoba makan cokelat agar langsing. Tetapi berhati-hatilah dan tetap pertimbangkan untuk mengambil pendapat dari ahli gizi yang berkualifikasi.

6. Menambah umur panjang

Karena semua alasan yang disebutkan di atas termasuk melawan penyakit jantung, mengurangi stres, melepaskan hormon peningkat suasana hati dan mengurangi obesitas, cokelat dikatakan dapat meningkatkan umur panjang seseorang secara keseluruhan.

Banyak peneliti mencoba membuktikan hubungan langsung antara konsumsi cokelat dan peningkatan umur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini