Sukses

Mandi Air Panas Terlalu Lama Tidak Baik, Ini 6 Tips Merawat Kulit Tubuh

Semua wanita menginginkan cantik di seluruh tubuh. Untuk membantu Anda merawatnya, beikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Jika menginginkan kulit cantik dan bercahaya, Anda harus memilih perawatan kulit yang bagus, tidak hanya merawat wajah saja. 

Tidak masuk akal jika Anda memiliki kulit yang indah di wajah tetapi ada bercak kasar di leher atau lengan. 

Berikut beberapa tips melakukan perawatan kulit seluruh tubuh yang harus diikuti yang dilansir dari magforwoman.

1. Eksfoliasi tubuh

Pengelupasan kulit di seluruh tubuh akan mencegah timbulnya jerawat dan membuatnya tetap awet muda dengan mengangkat sel kulit mati. 

Banyak wanita menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengelupas wajah mereka dengan scrub kenari dan pengobatan alami lainnya. 

Tetapi mereka lupa bahwa pengelupasan lengan, kaki, dada, kulit kepala, dan punggung sama pentingnya. Karena tingkat kepekaan kulit berbeda-beda di berbagai bagian tubuh, teknik dan alat yang akan digunakan untuk pengelupasan kulit juga harus berbeda. 

Gunakan garam epsom untuk mengelupas kulit kepala Anda, sikat gigi ringan untuk mengelupas bibir, loofah untuk lengan dan kaki, sikat kering untuk punggung, dan foot-stone untuk kaki.

2. Melembabkan seluruh tubuh secara teratur

Terlepas dari jenis kulit yang Anda miliki, pelembab penting untuk menjaga kecantikan kulit. Segera setelah keluar dari kamar mandi, oleskan losion ke tubuh untuk menjaga kelembapan tetap utuh. 

Ini akan melindungi bentuk kulit dari kehilangan minyak esensial alami. Gunakan pelembab yang mengandung ekstrak lidah buaya, alpukat, pepaya untuk mendapatkan kulit yang halus dan kenyal.

3. Hindari mengganti kosmetik terlalu sering

Anda mungkin suka mencoba berbagai merek sampo, sabun, losion, krim, dan sabun mandi setiap dua minggu sekali, tetapi itu tidak akan bermanfaat bagi kulit. Pilih merek kosmetik yang paling cocok untuk Anda dan pertahankan itu. 

Ketika sering mengganti kosmetik, Anda membuat kulit terpapar bahan kimia dan senyawa yang berbeda, karena itu dapat menjadi lebih rentan terhadap berjerawat atau alergi lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Gunakan krim anti aging di seluruh tubuh

Wanita umumnya diketahui menggunakan krim anti penuaan hanya di wajah saja. Padahal faktanya, kulit lembut dan sensitif di sekitar leher lebih rentan terhadap keriput dan kendur dibandingkan dengan wajah. 

Ada berbagai jenis krim anti penuaan yang tersedia di pasaran untuk berbagai bagian tubuh. Pastikan Anda menargetkan kerutan dan tanda penuaan di seluruh bagian tubuh, bukan hanya wajah.

5. Gunakan tabir surya untuk perawatan kulit total

Perawatan kulit bukan hanya tentang menggunakan produk perawatan kulit dan mendapatkan manikur dan pedikur di salon. Melindungi kulit juga merupakan bagian penting dari perawatan kulit seluruh tubuh. 

Jika Anda mendapat kesan bahwa harus menggunakan tabir surya hanya pada bagian tubuh yang terkena sinar matahari, itu salah besar. 

Lindungi kulit dengan memakai tabir surya di segala cuaca setiap saat, di seluruh tubuh. Anda tidak dapat mengawasi bagian tubuh mana yang akan terkena sinar matahari yang keras. Jadi aman dan gunakan tabir surya yang diinduksi pelembab.

6. Hindari mandi air panas terlalu lama

Mandi air panas bisa sangat membuat rileks karena itu Anda mungkin berpikir baik untuk kulit. Namun kenyataannya, air panas bisa mengeringkan kulit dan melebarkan pori-pori. Paparan air hangat yang berlebihan juga bisa mengurangi minyak alami pada kulit yang fungsinya untuk mengisi kembali kelembapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini