Sukses

7 Tips Mudah untuk Cegah Sakit Kepala

Penyebabnya mungkin bisa karena stres atau jam kerja yang panjang

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sering sakit kepala? Penyebabnya mungkin stres atau jam kerja yang panjang. Sangat penting untuk mencegah sakit kepala karena bisa memicu serangan migrain. 

Mengutip MagForWomen, Jumat (28/05/2021), berikut adalah beberapa tips untuk menghindari sakit kepala. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang ini.

1. Istirahat sejenak

Jika sakit kepala Anda terkait dengan pekerjaan, maka penting untuk beristirahat sejenak di antaranya. Seperti, tutup mata Anda dan istirahat sekitar lima menit atau lebih.

Anda bisa melakukannya dengan duduk di kursi Anda juga. Dengarkan saja lagu favorit Anda dan rileks. 

Istirahat singkat dapat membantu mengendalikan stres terkait pekerjaan, yang pada gilirannya mencegah sakit kepala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Makan dalam porsi kecil

Makanlah dalam porsi kecil sepanjang hari. Sering kali, sakit kepala bisa disebabkan oleh gula darah rendah atau tekanan darah rendah. 

Jadi, penting untuk makan dalam porsi kecil sepanjang hari. Makan dalam porsi kecil akan membantu mengendalikan gula darah Anda. 

Anda juga bisa makan makanan yang kaya protein dan magnesium agar tetap aktif dan bugar. Makan juga dapat mencegah perasaan tidak menyenangkan yang Anda rasakan saat bekerja.

3. Pijat dapat bekerja dengan baik

Pijat sangat bagus untuk mencegah dan menyembuhkan sakit kepala Anda. Pijat kepala selama lima belas menit dapat mengendurkan otot Anda. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial untuk pijat kepala. 

Pijat pada titik-titik ketegangan untuk meredakan stres. Pijat di area pelipis kepala Anda. Cegah stres dengan pijat harian karena akan membantu meringankan sakit kepala Anda.

4. Minum cukup cairan

Dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Jika Anda tidak minum cukup air sepanjang hari, itu akan menyebabkan masalah dehidrasi. Dan itu pada gilirannya dapat menyebabkan sakit kepala. 

Jadi, minumlah setidaknya dua liter air sepanjang hari. Anda juga bisa menambahkan asupan minum jus segar agar tetap terhidrasi. 

Anda juga memiliki pilihan teh hijau. Tingkatkan asupan cairan Anda dalam makanan untuk mencegah sakit kepala.

3 dari 3 halaman

5. Istirahat dari laptop

Ketegangan mata dan menatap layar dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala yang umum. Apabila hal tersebut terjadi, segeralah istirahat dan menjauh dari laptop atau istirahat layar (screen break)

Saat mengerjakan sistem Anda, cukup lihat beberapa arah lain setelah setiap lima hingga sepuluh menit. 

Melihat monitor Anda dalam waktu lama juga dapat menyebabkan kekakuan otot di area leher, yang kembali menyebabkan sakit kepala. Jadi, istirahatlah sejenak untuk menghindari hal ini.

6. Olahraga secara teratur

Olahraga dapat membantu mencegah sakit kepala. Olahraga teratur membuat tubuh Anda fleksibel. Jadi, Anda tidak menderita masalah otot kaku atau nyeri otot yang bisa menyebabkan sakit kepala yang umum. 

Berolahraga selama sekitar satu jam benar-benar dapat membantu Anda mengatasi sakit kepala. Olahraga juga meningkatkan suplai oksigen ke otak Anda yang akan mencegah sakit kepala.

7. Kurangi merokok dan minuman beralkohol

Merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan sakit kepala jadi sebaiknya kurangi keduanya. Merokok berlebihan menyebabkan dehidrasi pada tubuh yang berakibat pada sakit kepala. 

Minum minuman keras juga menyebabkan masalah tekanan darah pada tubuh. Hindari konsumsi minuman beralkohol dan merokok untuk mencegah masalah sakit kepala yang umum menyerang. 

Batasi rokok dan perhatikan asupan minuman Anda jika Anda tidak dapat mengurangi sepenuhnya untuk kesehatan Anda.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini