Sukses

Tips Jitu Mengelola THR Saat Pandemi

Hari Raya Idul Fitri identik dengan pembagian THR. Berikut tips kelola THR agar tidak boros.

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 ini tidak lama lagi akan segera datang. Pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para pekerja adalah hal yang ditunggu-tunggu.

Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia mengatakan bahwa pada tahun ini, anggaran THR yang akan diberikan sebesar Rp 30,6 triliun.

Banyak orang menggunakan THR untuk keperluan persiapan guna menyambut tradisi Hari Raya Idul Fitri, misalnya kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga besar.

Namun, di masa pandemi ini, banyak batasan-batasan yang diberlakukan oleh pemerintah, sehingga beberapa hal tersebut tidak dapat dilakukan di tahun ini.

Melansir dari laman CNN, berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk mengelola THR di masa pandemi.

1. Mengetahui pola pengeluaran

Untuk mengetahui pengeluaran THR, Anda bisa membuat catatan kecil agar membantu. Catat beberapa pengeluaran berikut, yakni ; pengeluaran sehari-hari, pengeluaran Hari Raya, dan pengeluaran setelah Hari Raya.

Perkirakan beberapa pengeluaran tersebut agar mengetahui pola keuangan Anda.

2. Susun skala prioritas

Utamakan beberapa kewajiban utama yang harus diselesaikan. Misalnya membayar THR asisten rumah tangga, sopir, atau zakat penghasilan.

Prioritasnya pula beberapa tagihan yang belum Anda lunasi. Mungkin tagihan kartu kredit atau utang lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Manfaatkan diskon

Biasanya, dalam menyambut Hari Raya, banyak orang berbondong-bondong membeli pakaian baru di pusat perbelanjaan. 

Untuk menghematnya, Anda mungkin dapat mencari diskon dan promosi yang ditawarkan di mall-mall, sehingga pengeluaran untuk membeli pakaian baru tidak berlebihan.

Selain itu, banyak aplikasi online juga menawarkan diskon yang dapat Anda coba. Mungkin akan lebih baik berbelanja melalui online karena aman dan ini merupakan salah satu cara untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

4. Dana cadangan

Simpan sebagian THR untuk dana cadangan dan dana darurat. Ini akan sangat bermanfaat untuk masa mendatang.

Siapkan dana cadangan yang dapat digunakan untuk investasi dan tabungan, dan disimpan sebagai dana darurat untuk kebutuhan mendesak atau tak terduga di kemudian hari.

5. Berbagi

Bagi yang memiliki sisa THR, Anda dapat gunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Dengan begitu, Anda turut serta memberikan kebahagiaan untuk orang-orang di sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini