Catat, Berikut Tips Sederhana Rencanakan Pernikahan Jadi Lebih Mudah

Oleh Liputan6.com pada 04 Mei 2021, 09:16 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 09:16 WIB
menikah
Perbesar
ilustrasi hubungan cinta/copyright Unsplash/Petr Ovralov

Liputan6.com, Jakarta Merencanakan pernikahan Anda bisa sangat menegangkan dan luar biasa. Banyak pertanyaan yang akan muncul di pikiran setiap kali berpikir tentang fakta bahwa Anda akhirnya menikahi orang yang sangat berarti di dunia.

Haruskah digelar pesta pernikahan kecil atau yang besar? harus ada sebuah band atau DJ saja? Siapa yang akan menjadi pengiring pengantin? Warna utama apa yang akan dipilih?

Semua itu seperti kolam keputusan yang tak ada habisnya dan perlu Anda lalui. Berita baiknya adalah, Anda tidak perlu khawatir lagi karena mengutip dari LoveBelfast, Selasa (4/5/2021), berikut ini adalah 5 tips penting yang akan membuat segalanya berjalan lancar.

1. Tetapkan anggaran yang masuk akal dan jangan ubah

Hal ini berlaku baik bagi Anda yang akan menanggung semua biaya sendiri maupun ketika beberapa anggota keluarga Anda akan berkontribusi pada anggaran. Anda harus tahu berapa banyak yang ingin Anda habiskan untuk setiap detail. 

Anggaran pra-acara akan membantu Anda membuat keputusan lebih cepat. Namun, penting untuk diingat bahwa selalu ada potensi dimana Anda mungkin ingin melakukan sedikit perbaikan yang akan memakan biaya yang lebih banyak pula.

Inilah sebabnya mengapa itu ide yang baik untuk menyisihkan uang ekstra dalam anggaran Anda untuk kejutan yang tidak direncanakan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan pasangan yang baru menikah

pasangan
Perbesar
ilustrasi menikah/copyright Unsplash/Bekir Temel

Pasti ada seseorang yang Anda kenal baru saja menikah baru-baru ini. Baik itu seorang kolega, teman, atau sepupu, menghabiskan waktu dengan orang ini dan pasangan Anda akan menginspirasi Anda untuk membawa ide-ide pernikahan kreatif yang baru. 

Mereka juga akan membuka mata Anda pada hal-hal yang tidak pernah Anda pikirkan ada! Namun, ini tidak berarti Anda harus membiarkan orang lain terlalu banyak mengintervensi rencana pernikahan Anda. Pada akhirnya, itu adalah hari pernikahan Anda dan keputusan utama ada di tangan Anda dan pasangan.

3. Berinvestasi dalam sesuatu yang bisa dikenang

Gambar, video, dan kenangan yang terekam di hari pernikahan dapat membantu Anda dan pasangan bersukacita di usia senja. Itulah pentingnya mengapa setiap orang dianjurkan memiliki dokumentasi atas hari pernikahan mereka. 

Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan untuk menginvestasikan beberapa anggaran Anda dalam sesuatu yang istimewa yang akan mengabadikan ingatan Anda. Sangat direkomendasikan pula untuk berinvestasi pada cincin yang tidak hanya indah tetapi melambangkan keabadian dan persahabatan abadi.

4. Jangan biarkan perencanaan membuat Anda jauh dari satu sama lain

Pernikahan ada di sana untuk membuat Anda lebih terpadu daripada sebelumnya, jadi jangan biarkan itu memutuskan Anda dari orang favorit Anda. Anda selalu dapat membuat waktu sekali atau dua kali seminggu untuk berbicara tentang betapa Anda saling mencintai dan menghormati. 

Selain itu, perlu diingat bahwa terkadang tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata. Jadi, berikanlah hadiah sederhana yang tak terduga seperti buku, atau hanya memasak sesuatu yang mungkin dicintai pasangan Anda. Bahkan, Anda dapat memanfaatkan perencanaan untuk lebih sering berkomunikasi dengan pasangan Anda serta berkonsultasi sebelum membuat keputusan besar.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Baca dan perhatikan setiap kata dalam kontrak sebelum menandatanganinya

pasangan menikah
Perbesar
ilustrasi pasangan menikah/Photo by Alvin Mahmudov on Unsplash

Baca dan tinjau dengan cermat setiap pernyataan dalam kontrak yang Anda atur mengenai pengaturan Anda dengan pasangan Anda saat Anda memasuki tahap baru hubungan Anda. Ini tentu saja mencakup tanggal, harga, biaya tambahan, dan spesifikasi lainnya seperti lokasi dan warna. 

Pastikan semua hal yang Anda minta telah diterima dan disebutkan dalam kontrak. Itulah satu-satunya cara untuk menjamin bahwa semua keinginan Anda akan dipenuhi dan Anda juga akan dilindungi jika vendor tidak memenuhi kualitas pada hari besar Anda.

6. Tetap terorganisir

Calon pengantin dapat dengan mudah melupakan hal-hal yang ingin dilakukan, apalagi mengingat perencanaan untuk pernikahan adalah keputusan yang cukup besar untuk dipikirkan sendirian. 

Jadi, hindari kehilangan kendali dengan menjaga catatan terkait apa yang sudah diurus dan apa yang belum. Anda bisa memilih untuk mengatur ide-ide Anda di buku catatan atau pada aplikasi online, ada banyak aplikasi dan situs web yang akan membantu Anda dan menghemat banyak waktu.

Namun, apapun cara yang Anda terapkan, selalu direkomendasikan untuk membuat lebih dari satu salinan. Ini akan sangat membantu Anda jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan notebook atau file dari dokumen yang Anda perlukan.

Kini, Anda seharusnya sudah memiliki visi yang lebih jelas tentang bagaimana merencanakan pernikahan Anda dengan benar. Jadi, ambil pena dan kertas dan mulailah menyusun ide-ide Anda dan visualisasikan bagaimana Anda akan melaksanakannya. 

Jangan lupa untuk menyertakan pasangan Anda dalam setiap keputusan yang Anda buat. Tentu saja, jangan biarkan hal itu menghalangi Anda untuk menghabiskan waktu luang bersama.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman