Sukses

8 Tips Mudah dan Efektif Hentikan Bersin

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan bersin adalah mencegahnya sebelum dimulai.

Liputan6.com, Jakarta Bersin adalah respons biologis normal yang terjadi ketika selaput lendir di hidung teriritasi. Ini biasanya karena pemicu seperti alergi atau makanan pedas, atau penyakit seperti flu pada umumnya.

Setelah serangan bersin dimulai, mungkin sulit untuk berhenti dan bukan ide terbaik untuk menahan bersin ketika hal itu terjadi. Meniup hidung, mencubit hidung sebelum bersin, atau menekan lidah ke gigi atau langit-langit mulut disebut dapat mencegah bersin.

Namun, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan bersin adalah mencegahnya sebelum dimulai.

"Mengatasi akar penyebab bersin Anda selalu merupakan pendekatan terbaik," kata Linda Khoshaba, NMD, pendiri Natural Endocrinologist Specialists AZ. 

Mengutip dari Insider, Sabtu (1/5/2021), berikut adalah cara mudah dan efektif dalam menghentikan bersin.

1. Hindari pemicu Anda

"Langkah terpenting untuk menghentikan bersin Anda adalah dengan mengatasi akar penyebabnya," kata Khoshaba.

"Mencari tahu mengapa Anda bersin dan menghilangkan faktor-faktor ini akan menjadi garis pertahanan terbaik Anda," tambahnya.

Kebanyakan orang tahu pemicu yang membuat mereka bersin. Melakukan yang terbaik untuk menghindari itu dapat mencegah bersin, kata Khoshaba.

Pemicu umum untuk bersin yang dimaksud meliputi:

  • Serbuk sari
  • Debu
  • Jamur
  • Polusi udara atau asap
  • Udara kering
  • Bubuk
  • Makanan pedas atau beraroma tajam

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Rawat alergi Anda

Sekitar 30% orang mengalami alergi musiman (seasonal allergies) yang menyebabkan bersin. Jika Anda memiliki alergi musiman, Khoshaba menyarankan untuk memulai mengatasinya dengan obat alergi yang dijual bebas.

Sebagian besar obat alergi mengandung antihistamines. Ini bekerja dengan memblokir histamine kimiawi, yang dilepaskan tubuh Anda sebagai respons terhadap alergen. Antihistamines dapat mengurangi pembengkakan hidung, yang selanjutnya dapat membantu Anda menghentikan bersin.

Jika itu gagal mengendalikan gejala Anda, bicarakan dengan dokter atau ahli alergi yang mungkin merekomendasikan resep obat alergi yang lebih efektif dan cocok untuk Anda.

3. Raih semprotan hidung (nasal spray)

Ketika Anda menemukan penyebab iritasi yang membuat Anda bersin, seperti debu atau jamur, semprotan hidung (nasal spray) dapat membantu mengeluarkan partikel yang dapat menyebabkan Anda bersin, kata Khoshaba. Semprotan hidung berbahan dasar saline misalnya, dapat membantu membersihkan iritasi dan menghentikan bersin dengan cepat.

Jika Anda mengantisipasi kambuhnya alergi, gunakan semprotan hidung glucocorticosteroid, yang berguna untuk mengobati alergi, kata Khoshaba. Namun, agar ini menjadi paling efektif, Anda perlu menggunakannya secara konsisten sepanjang musim alergi.

Sebagai catatan, ada beberapa jenis semprotan hidung, mulai dari kortikosteroid, hingga antihistamin yang masing-masing akan berfungsi paling baik untuk kasus tertentu saja.

4. Gunakan humidifier

Jika selaput lendir di hidung Anda mengering, kemungkinan besar akan lebih mudah terjadi iritasi. Menggunakan humidifier saat Anda tidur, terutama jika Anda tinggal di iklim kering atau dingin, dapat menjaga hidung tetap lembab dan sehat.

3 dari 4 halaman

5. Bangun sistem kekebalan tubuh

Vitamin C yang terdapat dalam paprika dan jeruk serta zinc yang terdapat dalam makanan laut dan daging, keduanya penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kekebalan tubuh yang mumpuni dapat membantu Anda melawan virus yang dapat menyebabkan bersin.

"Dapatkan banyak vitamin C dan zinc untuk membangun sistem kekebalan Anda dan mengurangi dampak alergi serta mengurangi kemungkinan infeksi," kata Khoshaba.

"Dengan meningkatkan asupan vitamin C, Anda berpotensi dapat mengurangi jumlah bersin secara umum," lanjutnya.

6. Minum teh kamomil

Teh kamomil bagus untuk tidur, tetapi mungkin juga memiliki sifat antihistamin yang dapat membantu mencegah bersin. Khoshaba merekomendasikan minum secangkir setiap malam sebelum tidur untuk meredakan iritasi. 

"Ini bisa menjadi alat yang hebat untuk memerangi bersin dengan mengurangi jumlah total histamin dalam tubuh Anda," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

7. Hindari bumbu pedas

Makanan pedas dan panas dapat memicu bersin dengan sendirinya, meskipun Anda memakannya dalam porsi sendiri, karena adanya kondisi yang disebut gustatory rhinitis. 

"Gustatory rhinitis menyebabkan iritasi atau pembengkakan di hidung yang memicu bersin," jelas Khoshaba. 

Perhatikan makanan apa yang menyebabkan Anda bersin dan hindari makanan tersebut di kemudian hari. Makanan seperti lada hitam, kari, dan bawang bombay adalah beberapa pemicu umum terjadinya gustatory rhinitis.

8. Makan dalam porsi kecil

Makan berlebihan dapat menyebabkan bersin yang dikenal sebagai snatiation reflex, yang tampaknya terkait dengan perut kenyang. Para ilmuwan tidak yakin mengapa ini terjadi, tetapi kondisi tersebut dapat dihindari dengan membiasakan diri untuk makan dalam porsi yang lebih kecil, kata Khoshaba.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.