Ternyata Makan Es Krim Banyak Manfaat, Apa Saja?

Oleh Helena Yupita pada 21 Apr 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 18:11 WIB
Es Krim Rumahan
Perbesar
Ilustrasi Es Krim (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Es krim merupakan salah satu makanan penutup yang sangat lezat yang hampir disukai semua orang, terutama saat musim panas.

Hampir dari kita semua memakannya. Tapi tahukah Anda bahwa terlepas dari beberapa kerugian yang dimiliki es krim, ada banyak pula manfaatnya.

Di bawah ini adalah 5 keuntungan utama makan es krim yang dilansir dari laman magforwoman.

1. Sumber vitamin

Es krim adalah makanan yang kaya akan sumber vitamin. Ini mengandung banyak vitamin termasuk vitamin A, B-6, B-12, C, D dan E.

Ini juga mengandung tiamin, riboflavin dan niasin. Es krim juga mengandung vitamin K yang mencegah penggumpalan darah.

2. Memberikan energi

Es krim adalah sumber energi yang luar biasa. Makanan ini memiliki nilai gizi yang sangat tinggi.

Selain itu, es krim juga mengandung karbohidrat, lemak dan protein yang semuanya penting untuk energi. Jika Anda adalah seseorang yang ingin menaikkan berat badan, memakan es krim adalah pilihan yang tepat.

Jika sedang mencari energi, Anda juga bisa makan es krim karena dengan semua kebaikan susu dan gula akan memberikan energi yang lebih bagi tubuh.

2 dari 2 halaman

3. Sumber mineral

Ilustrasi makan es krim
Perbesar
Ilustrasi makan es krim (dok.unsplash/ JC Bonassin)

Makanan dingin ini sumber yang kaya akan mineral seperti kalsium dan fosfor. Selain membantu membangun dan memelihara tulang yang lebih kuat sehingga dapat menghindari penyakit terkait tulang, para peneliti juga menemukan bahwa kalsium mampu mengurangi kemungkinan batu ginjal.

Kandungan kalsium ini juga dapat membantu mencegah perubahan suasana hati dan gejala pramenstruasi.

4. Merangsang otak

Manfaat lain dari es krim yakni dapat merangsang trombotonin, yang merupakan hormon kebahagiaan dan membantu mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

Es krim terbuat dari susu yang mengandung L-triptophane yang merupakan obat penenang alami dan membantu dalam merilekskan sistem saraf. Ini juga membantu mencegah gejala insomnia.

5. Mengurangi risiko kanker

Kandungan kalsium dalam es krim juga membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker usus besar. Selain sebagai katalisator untuk membangun tulang yang lebih kuat, manfaat khusus kalsium ini membuat es krim menjadi lebih bermanfaat.

Terlepas dari semua manfaat yang dimiliki es krim, tidak ada alasan untuk memanjakan diri di dalamnya karena es krim juga memiliki sejumlah besar kerugian yang berbahaya bagi kesehatan. Jadi, nikmati es krim tetapi dalam jumlah yang sedang.

Lanjutkan Membaca ↓