Manfaat Puasa, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Mental

Oleh Helena Yupita pada 17 Apr 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 17 Apr 2021, 08:00 WIB
Bacaan Niat Puasa Rajab Beserta Hukum dan Keutamaannya
Perbesar
Ilustrasi Berpuasa Credit: pexels.com/Hint

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kondisi tubuh Anda, baik secara fisik maupun mental. Salah satunya adalah dengan berpuasa.

Puasa sepanjang hari, setengah hari atau hanya hidup dengan cairan, buah-buahan dan sayuran mentah, ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Melansir dari laman magforwoman, berikut beberapa manfaat sangat baik dari puasa.

1. Mendetoksifikasi tubuh

Keuntungan terbesar dari puasa teratur adalah mendetoksifikasi tubuh. Ini adalah sistem pembersihan alami dan membuat tubuh Anda lebih murni.

Puasa sebaiknya dilakukan secara rutin dan konsisten untuk mencapai hasil terbaik. Pikirkan tubuh sebagai mesin atau orang yang bekerja. Jika mengikuti rutinitas yang sama setiap hari, makan makanan olahan, itu akan menderita keausan.

Dengan demikian akan menjadi lebih lambat dan kurang sehat. Dengan membersihkan sistem tubuh maka akan sangat membantu.

2. Mengistirahatkan sistem pencernaan

Istirahatkan sistem pencernaan Anda dan lakukan puasa. Sama seperti kaki, tangan, atau kepala yang perlu istirahat dari waktu ke waktu, sistem bagian dalam juga membutuhkannya, untuk kinerja yang lebih baik.

Selain itu, puasa akan meningkatkan proses pemecahan glukosa yang membantu melepaskan lebih banyak insulin, sehingga menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Menjalani cara hidup yang sehat

Ilustrasi puasa, buka puasa, sahur
Perbesar
(Photo by Dan DeAlmeida on Unsplash)

Puasa satu atau dua hari akan membantu menyadari betapa Anda mengeksploitasi tubuh dengan racun, lemak, dan karbohidrat yang ada dalam makanan olahan.

Ini akan membuat Anda makan dengan cara yang lebih sehat bahkan pada hari-hari non-puasa dan dengan demikian membuat tubuh menjadi lebih bugar.

4. Membuat diri merasa lebih ringan

Ketika Anda bertahan hidup tanpa makanan, atau makanan organik seperti sayuran dan buah-buahan mentah atau direbus, tubuh secara otomatis merasa segar karena mengonsumsi bahan-bahan alami dan bukan makanan buatan manusia yang diproses secara berlebihan.

Dengan demikian, perasaan ringan menuntun Anda menjadi lebih energik.

5. Meningkatkan kejernihan mental

Puasa tidak hanya memiliki manfaat fisik, tetapi juga membantu kesehatan mental seseorang. Ini akan membantu meningkatkan kejernihan mental, meningkatkan kesadaran spiritual dan juga membantu tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman