Sukses

Tips Merawat Diri Agar Tidak Stres Buat Orang yang Sibuk

Tips merawat diri untuk orang sibuk.

Liputan6.com, Jakarta Saat sibuk bekerja dan kewalahan, mudah untuk mencaci diri sendiri saat segala sesuatunya kacau. 

Namun, jangan sekali punmemikul beban itu sendiri. Pada saat-saat seperti ini, penting untuk mundur selangkah, bersikap baik dan menjaga diri sendiri.

Untuk mengetahui pendekatan apa yang paling berhasil, berikut kiat-kiat merawat diri terbaik untuk Anda yang sibuk bekerja, dilansir dari laman success.com.

1. Buat rutinitas perawatan diri di pagi hari

Alih-alih membiarkan diri kewalahan dan mencoba mengejar perawatan diri dalam satu hari, cobalah untuk memulai rutinitas di pagi hari sebelum beraktivitas seperti meditasi, olahraga, dan refleksi setiap pagi. 

Dengan membuat dan meluangkan waktu untuk diri sendiri setiap pagi, akan dapat mengatasi stres dan menjaga diri agar siap untuk mulai bekerja setiap hari.

2. Hadiahi diri sendiri

Beri diri sendiri hadiah atau self reward dari waktu ke waktu, terutama setelah melakukan pekerjaan yang bagus pada proyek yang sulit. 

Itu tidak akan menghabiskan anggaran Anda, dan justru membuat lebih bahagia karena akan menuai imbalan yang signifikan.

3. Jadwalkan hari libur

Pilih tanggal dan hari untuk Anda beristirahat sejenak dari kesibukan pekerjaan. Meskipun sulit untuk memutuskan hubungan dan mengambil waktu dari pekerjaan, beri diri ruang untuk bersantai secara teratur akan sangat berharga. 

Anda akan merasa lebih baik secara keseluruhan, dan bisa lebih bersemangat untuk menghadapi pekerjaan berikutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Tidur cukup

Terkadang, orang yang bekerja keras sulit untuk teratur dalam hal jam tidur. Usahakan untuk tidur setidaknya delapan jam setiap malam. 

Tidur sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan seluruh tubuh guna menghadapi aktivitas keesokan harinya. Secara teratur, seimbangkan dengan berolahraga, mendapatkan sinar matahari setiap hari, dan makan dengan sehat.

5. Gunakan bahasa yang positif dan self-talk

Salah satu pelajaran terpenting yang adalah bagaimana berbicara kepada diri sendiri dan orang lain secara positif. Hindari bahasa negatif apa pun. Masukkan kata-kata positif dalam pikiran Anda untuk membantu menunjang kesehatan mental agar tidak mudah stres.

6. Luangkan waktu untuk keluarga dan teman

Jika terlalu banyak pekerjaan, sering kali pulang kerja dan menutup hari itu. Tetapi penting untuk meluangkan waktu untuk keluarga dan teman. 

Pergi keluar untuk makan malam dan nonton film atau undang beberapa teman untuk makan malam di rumah. Anda akan mendapatkan dukungan tanpa syarat dari keluarga dan teman yang tentu sangat dibutuhkan untuk meningkatkan suasana hati.

7. Pacu diri dan tetapkan tujuan yang realistis

Ingat, setiap orang tidak akan bisa melakukan semuanya sekaligus. Pacu diri dan tetapkan tujuan yang realistis. 

Jika tidak, Anda tidak hanya akan kelelahan, tetapi mungkin akan kesulitan mendapatkan hasil berkualitas tinggi. Meluangkan waktu sejenak untuk melihat gambaran besar alih-alih detail terperinci dapat memberi penyegaran yang perlu dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.