Sukses

Tidak Selamanya Buruk, Ini Manfaat Cemburu

Beberapa manfaat dari cemburu.

Liputan6.com, Jakarta Kecemburuan terkadang muncul di setiap hati manusia karena berbagai alasan. Mulai dari partner di tempat kerja hingga orang asing yang tidak dikenal.

Seringkali orang meminta agar perasaan cemburu harus dihindari dengan segala cara. Tapi ternyata, jawabannya adalah tidak selalu cemburu itu negatif. Tidak peduli seberapa buruk emosi yang dirasakan, cemburu juga memiliki manfaat. 

Melansir dari laman magforwoman, berikut manfaat rasa cemburu.

1. Itu adalah jendela ke dalam jiwa

Kecemburuan dapat berbicara banyak tentang karakter. Yang perlu Anda lakukan adalah mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri setiap kali merasa merindukan sesuatu yang dimiliki orang lain dan mulai merasa cemburu untuk hal yang sama.

Pertama, tanyakan pada diri sendiri mengapa cemburu. Apakah itu hanya karena Anda membenci keberaniannya dan tidak dapat melihatnya baik-baik saja atau karena benar-benar merindukan apa yang orang lain dapatkan?

Kedua, seberapa sering Anda merasa cemburu? Meskipun serangan cemburu sesekali benar-benar alami dan bahkan penting karena akan segera mengetahuinya, tetapi karena tahu terlalu banyak tentang segala sesuatu yang buruk, hal yang sama juga berlaku untuk kecemburuan.

Ketiga, mengapa merasa cemburu padanya dan bukan sebaliknya? Apakah karena Ia melakukan sesuatu yang lebih baik atau karena benar-benar beruntung?

Jadi, kecemburuan yang diikuti dengan sejumlah pencarian jiwa dapat menjadi pengalaman yang membuka mata karena itu mengajarkan Anda lebih banyak tentang diri sendiri. Ini menjelaskan keinginan dan harapan tersembunyi Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Dapat memperkuat hubungan

Meskipun pernyataan ini mungkin tampak mengejutkan, tetapi percayalah, itu benar. Bertentangan dengan keyakinan bahwa kecemburuan bisa menjadi paku di peti mati untuk hubungan apa pun, kebenaran sepenuhnya sebaliknya.

Kecemburuan tidak bisa dihindari dan sebenarnya penting dalam sebuah hubungan. Jika Anda merasa cemburu ketika orang lain mulai berbicara dengan pasangan, itu  menunjukkan bahwa Anda sangat mencintainya dan merindukannya.

Hal yang sama berlaku jika Anda adalah penyebab kecemburuan bagi pasangan. Fakta bahwa pasangan terlihat sedih atau kesal adalah bukti bahwa Ia sangat menyayangi Anda. Jika ingin melihatnya dengan cara lain, Anda juga akan menemukan bahwa semakin lama bersama seseorang dan mengenalnya, tidak akan terlalu rentan terhadap serangan kecemburuan.

Ini akan menjadi lebih nyaman dalam hubungan dan mendapatkan kemampuan untuk menghadapi ketidakamanan dan keraguan.

3. Menjadi kekuatan dan pendorong untuk sukses

Daripada cemburu dan iri pada kesuksesan orang lain, Anda bisa bekerja keras untuk mencapai hal yang sama. Jika cemburu pada pencapaian seseorang, jangan mengasihani diri sendiri, lihat dan gali apa yang dapat Anda lakukan sebaik mungkin dengan maksimal, sehingga di masa depan Anda adalah penyebab kecemburuannya dan bukan sebaliknya.

Kecemburuan dapat menunjukkan kepada Anda apa yang sebenarnya diperjuangkan dan tanggung jawab ada pada Anda untuk memotivasi diri sendiri untuk mencapai hal yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.