Sukses

Makanan Ini Dapat Membuat Susah Tidur, Hindarilah Memakannya Pada Malam Hari!

8 makanan yang membuat susah tidur.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah bertanya-tanya mengapa terkadang suatu malam Anda mengalami kesulitan untuk tidur? Nah, bisa jadi itu hanya karena tegang atau bersemangat karena suatu alasan.

Tetapi mungkin juga kebiasaan makan akan berpengaruh terhadap seberapa baik pola tidur di malam hari berkaitan dengan perut dan juga otak.

Jika ingin tidur nyenyak di malam hari, hindarilah beberapa makanan ini. Melansir dari laman magforwoman, inilah daftar makanan yang membuat Anda tetap terjaga dan sulit untuk tidur.

1. Keju

Anda pasti sudah memperhatikan bagaimana makanan yang sangat enak justru adalah makanan yang terkadang mendatangkan malapetaka di tubuh, sementara makanan yang tidak berasa selalu direkomendasikan untuk kesehatan yang baik.

Hal yang sama juga berlaku untuk keju, semakin enak rasanya, semakin baik menghindarinya jika Anda ingin tidur nyenyak. Pelaku di sini adalah asam amino tyramine yang ada dalam keju yang bertindak sebagai stimulan dan membuat tetap terjaga.

2. Cokelat

Kabar buruk bagi para pecinta cokelat! Cokelat berfungsi sebagai pencegah tidur, terutama cokelat susu. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin terbangun sepanjang malam, hilangkan gigi manis karena coklat susu yang mengandung tirosin yang diubah menjadi dopamin, stimulan yang membuat selalu waspada dan tidak bisa tidur.

3. Makanan pedas

Terlepas dari efek nyata yang terjadi pada perut, makanan pedas juga menyebabkan terjaga di malam hari. Jadi jika Anda tidak dapat hidup tanpanya, setidaknya makanlah makanan pedas pada siang hari sehingga itu tidak akan merusak istirahat malam Anda.

4. Daging

Daging mengandung protein dan lemak yang tinggi dan sulit untuk dicerna karena mengandung berbagai zat yang dapat berdampak pada tingkat energi. Jika takut sulit tidur, janganlah makan daging mendekati jam tidur Anda.

Daging yang harus dihindari adalah daging olahan dan daging asap. Jauhi bacon dan ham.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Tomat

Tomat tinggi akan vitamin K dan makanan yang sangat sehat, tidak diragukan lagi. Tetapi jika Anda seorang penderita insomnia, itu akan lebih berbahaya karena ada kemungkinan sulit untuk bisa menutup mata bahkan satu menit pun di malam hari.

6. Alkohol

Banyak orang memiliki kebiasaan minum segelas wine sebelum tidur malam. Meskipun awalnya mungkin membuat tertidur, tetapi begitu efek alkohol menghilang, Anda akan mengalami tidur yang sangat terganggu sepanjang sisa malam.

7. Minuman berkafein

Yakin bahwa Anda pasti sudah tahu bagaimana minuman berkafein membuat orang tetap terjaga di malam hari. Ingatlah bahwa kopi tidak memberi energi, itu hanya bertindak sebagai stimulan dan membuat tetap terjaga. Jadi, jangan hanya menghabiskan cangkir kopi sambil menghindari semua makanan lainnya.

8. Teh ginseng

Teh herbal sangat bagus untuk kesehatan dan umumnya tidak mengganggu tidur. Tetapi, teh ginseng adalah satu-satunya pengecualian. Itu justru dapat membuat Anda terjaga dan gelisah sepanjang malam. Jadi, jika penggemar berat teh ginseng, disarankan untuk meminumnya hanya di pagi hari saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.