Sukses

Dicoba Nih, Tips Rawat Kulit dengan Lulur Buatan Sendiri

Selain tersedia di pasaran, Anda juga bisa membuat lulur sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Siapa tak ingin memiliki kulit cantik, bersih, dan bercahaya?. Tentu hal itu menjadi dambaan bagi setiap orang, khususnya wanita. Untuk itu, jika seseorang menginginkan kecantikan kulit tersebut, tentu harus selalu konsisten menjaga dan merawatnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan scrub atau lulur.

Ketika Anda pergi keluar rumah seharian dan beraktivitas, janganlah lupa untuk segera membersihkan tubuh saat sudah di rumah. Sebab, debu serta polusi yang bertebaran di luar, dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak sehat.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Anda mungkin bisa merawatnya dengan rajin scrub kulit. Bukan hanya untuk membersihkan, tetapi juga untuk melembutkan, mengangkat sel kulit mati, serta akan melembapkan kulit Anda.

Scrub atau biasa dikenal lulur, bisa ditemukan dalam berbagai produk yang biasa dibeli di toko kosmetik atau pasar.

Selain tersedia di pasaran, Anda juga bisa membuat lulur sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Melansir laman magforwomen, Jumat (19/02/2021), cobalah beberapa scrub buatan sendiri ini.

1. Lulur gula, garam laut, dan oatmeal

Ini adalah salah satu lulur termudah dan paling dasar untuk dibuat sendiri. Anda bisa membuat lulur dengan mencampurkan gula, garam laut, dan oatmeal. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan lain, seperti tepung jagung, minyak zaitun, susu, yogurt, cokelat, vanilla, dan madu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Lulur kopi

Ketika Anda memiliki banyak kopi di rumah dan bosan meminumnya, Anda bisa jadikan kopi sebagai scrub untuk kulit. Sebaiknya Anda juga menambahkan gula atau garam, minyak dan gula merah, atau vanili sebagai bahan campuran. Kopi yang dijadikan lulur ini dianggap dapat memberi manfaat untuk kulit karena dapat membantu mengurangi munculnya selulit, melindungi kulit dari penuaan, dan menenangkan iritasi yang terjadi pada kulit.

3. Lulur almond, tepung, susu, dan madu

Tak hanya pelengkap kue, almond juga bisa dijadikan scrub kulit. Anda bisa menghaluskan almond terlebih dahulu dan mencampurkannya dengan madu. Tambahkan pula 1 sdm tepung serta 3 sdm susu ke dalam campuran tersebut untuk memberikan hasil yang memuaskan. Setelah tercampur rata, Anda bisa langsung mengaplikasikan lulur tersebut ke kulit Anda. Pijat lembut area yang Anda beri lulur. Selain membuat kulit menjadi lebih lembut dan lembap, lulur dengan bahan ini juga dianggap dapat membantu kulit mati terkelupas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Lulur gula merah dan lemon

Untuk membuat kulit lebih lembut dan halus, Anda juga bisa membuat lulur dari gula merah. Anda bisa langsung mencampurkan gula merah dan minyak biji anggur serta kulit lemon.

Cara mudah ini juga dapat membersihkan sisa kotoran yang menempel pada kulit Anda setelah aktivitas di luar rumah.

5. Lulur dengan aspirin

Aspirin yang mengandung asam salisilat dapat menghilangkan kulit mati dan melembapkan kulit ketika Anda jadikan sebagai lulur. Cara ini pun merupakan cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit.

Cara membuatnya, mungkin Anda membutuhkan 12-13 aspirin yang sudah dihaluskan dan mencampurkannya dengan air mineral. Setelah itu, aduklah hingga tercampur rata.

Kemudian, aplikasikan langsung ke kulit dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Lalu, bersihkanlah dengan air hangat. Aspirin yang dijadikan lulur ini ternyata juga bisa untuk mencegah dan melawan jerawat yang muncul.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.