Tips Membuat Kamar Tidur Agar Terlihat Lebih Besar

Oleh Helena Yupita pada 11 Feb 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 11 Feb 2021, 18:00 WIB
Ilustrasi kamar tidur anak
Perbesar
Ilustrasi kamar tidur anak

Liputan6.com, Jakarta Kamar tidur harus membuat penghuninya merasa seperti ruang yang nyaman dan mengundang. Setelah hari yang panjang dan sibuk, kamar tidur menjadi salah satu tempat favorit di mana Anda akhirnya bisa bersantai dan beristirahat.

Jika ruang kamar tidur terkesan sempit, Anda bisa mencoba tips berikut agar kamar tidur terlihat lebih luas, dilansir dari laman magforwoman.

1. Hindari warna gelap dan tingkatkan cahaya alami

Pada ruangan kecil, dinding dan dekorasi yang gelap dapat membuat area tersebut tampak semakin kecil. Pilih warna terang seperti krem ​​dan persik untuk warna dinding. Aksesori seperti bantal, penutup gorden, dan barang dekoratif juga harus berwarna terang. Mereka akan tampak mengambil lebih sedikit ruang.

Cobalah untuk membiarkan cahaya alami sebanyak mungkin masuk ke dalam ruangan, melalui jendela atau pintu balkon. Sinar matahari akan menerangi ruangan dan membuatnya tampak lebih ceria.

2. Carilah furnitur yang menggunakan ruang dinding

Furnitur bisa memakan banyak ruang saat diletakkan di tengah ruangan. Memilih furnitur yang pas dengan sudut atau yang dapat didorong ke dinding akan sangat meningkatkan ruang tanah di kamar Anda. Cermin juga menciptakan ilusi ruang, coba gantung beberapa di satu dinding dan lihat perbedaannya.

3. Temukan cara kreatif untuk menyimpan barang

Item tambahan yang perlu disimpan tidak memerlukan lemari terpisah. Anda dapat menemukan banyak tempat kreatif untuk menyimpannya.

Biasanya ada banyak rak built-in dan kapasitas penyimpanan di dapur dan kamar mandi, manfaatkanlah hal itu. Simpan barang yang jarang digunakan dalam kotak di bawah tempat tidur. Anda juga bisa mencari furnitur multifungsi misalnya meja kopi dengan laci, atau bangku kaki dengan penyimpanan interior.

4. Tat rapi dan singkirkan peralatan yang tidak perlu

Kekacauan dapat dengan mudah menumpuk di area seperti kamar tidur. Lakukan pembersihan mingguan dengan menyingkirkan surat-surat lama, koran, tagihan, dan benda-benda yang tidak digunakan. Buang riasan lama, losion dan krim lama, dan perlengkapan mandi lainnya.

Usahakan untuk hanya menyimpan barang yang penting. Anda juga dapat mengurangi peralatan yang tidak diperlukan. Pindahkan kipas meja ke ruang tamu selama musim dingin.

Jika kamar tidur kecil, jangan masukkan televisi ke kamar. Jika Anda sudah memiliki televisi di kamar tidur, coba keluarkan dan lihat apakah itu akan memberi Anda ruang yang ekstra.