Sukses

Tingkatkan Metabolisme Tubuh dengan Makanan dan Minuman Ini

Berikut ini 8 jenis makanan dan minuman yang dianggap dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh manusia memiliki metabolisme yang berbeda-beda. Metabolisme tersebut bergantung pada jenis genetik yang setiap orang miliki. Namun, terlepas dari hal itu, setiap orang pasti memiliki kesempatan untuk meningkatkan metabolismenya sendiri. Tentu dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Melansir laman magforwomen, Kamis (10/2/2021), berikut ini delapan jenis makanan dan minuman yang dianggap dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

1. Air

Salah satu jenis minuman yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan adalah air. Dalam hal ini, air juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Bahkan minum banyak air dapat menghindari diri dari dehidrasi. Oleh karena itu, banyak-banyaklah mengonsumsi air setiap hari.

2. Kopi

Selain air, ternyata kopi atau minuman apa pun yang mengandung kafein dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi hingga 16 persen dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi kafein.

3. Teh hijau

Di dalam teh hijau, mengandung senyawa yang disebut EGCG. Senyawa tersebut dianggap dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, selain mengonsumsi kopi, mungkin Anda bisa mengonsumi teh hijau untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Susu

Selain bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, susu yang mengandung banyak kalsium juga dianggap mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika Anda merasa metabolisme menurun, cobalah minum susu untuk meningkatkannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Biji-bijian

Biji-bijian memang kaya serat yang bisa bermanfaat untuk membakar lemak. Namun, tidak semua jenis biji-bijian bermanfaat dalam peningkatan metabolisme. Biji cokelat untuk roti yang dianggap mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Putih telur

Selain kaya akan protein dan vitamin D, telur juga mengandung asam amino. Kandungan asam amino dalam telur tersebut dinilai dapat membantu Anda meningkatkan metabolisme.

7. Daging tanpa lemak

Tidak semua daging mampu meningkatkan metabolisme. Yang baik untuk peningkatan metabolisme adalah daging tanpa lemak karena kaya akan zat besi.

8. Cabai

Pedasnya cabai ternyata juga bisa untuk meningkatkan metabolisme. Di dalam cabai mengandung senyawa kimia yang disebut capsaicin, itulah yang membuat peningkatan metabolisme tubuh secara signifikan. Selain itu, cabai juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk tubuh.

Konsumsilah makanan dan minuman yang tepat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Perlu diketahui, kurangnya zat besi dalam tubuh akan memperlambat metabolisme tubuh. Karena itu, penuhilah zat besi dalam tubuh Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.