Sukses

Lawan Kanker dengan 5 Makanan Ini

Beberapa makanan terbaik untuk dikonsumsi bagi penderita atau seseorang yang ingin mencegah kanker.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tentu bukan untuk mencegah penyakit tertentu saja, tetapi untuk menjaga kesehatan tubuh agar bisa terhindar dari segala penyakit.

Gaya hidup sehat sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, jika tak ingin terserang penyakit.

Walau bukan berarti akan sehat 100 persen, memiliki gaya hidup sehat setidaknya dapat meminimalkan risiko terkena penyakit berisiko tinggi, seperti diabetes, jantung, atau kanker.

Berbicara tentang kanker, 4 Februari bertepatan dengan Hari Kanker Dunia. Kanker merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal dan tak terkendali dalam tubuh.

Penderita kanker atau yang tidak menderita sekalipun, seharusnya lebih bisa menjaga gaya hidupnya agar bisa sembuh bahkan terhindar dari sel kanker tersebut.

Beberapa penelitian menunjukkan, banyak jenis penyakit kanker berkaitan dengan perilaku dan gaya hidup. Untuk itu, hindarilah pola makan yang tidak sehat dan kurangnya beraktivitas fisik.

Beralihlah untuk memiliki gaya hidup sehat yang dapat membantu mendukung pengobatan serta pemulihan penyakit tersebut.

Memperingati Hari Kanker Dunia, Shweta Mahadik, ahli diet dari Rumah Sakit Fortis, Kalyan memberikan beberapa makanan terbaik untuk dikonsumsi bagi penderita atau seseorang yang ingin mencegah kanker, seperti melansir laman Timesnownews.com, Senin (15/2/2021).

1. Makanan antioksidan

Sebaiknya Anda banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti yang mengandung beta-karoten, lipoten, vitamin C, E, dan A, dan sejenisnya. Makanan yang mengandung antioksidan baik untuk penderita atau pencegahan kanker karena dianggap mampu melinungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas atau dikenal dengan molekul tidak stabil.

2. Makanan omega 3

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Asam lemak omega 3 atau disebut lemak tak jenuh ganda (PUFA) banyak ditemukan di dalam kacang-kacangan, minyak sayur, biji rami, biji wijen, biji labu, biji bunga matahari, ikan salmon, tuna, dan lainnya.

Kandungan ini berperan dalam pensinyalan sel dan dalam struktur sel serta fluiditas membran. Mereka berpartisipasi dalam resolusi peradangan dan berefek anti-inflamasi serta antinociceptive.

3. Bawang putih

Salah satu bahan pelengkap bumbu masakan, bawang putih, ternyata bisa untuk mencegah kanker. Beberapa studi menemukan, mengonsumsi bawang puti secara teratur dalam makanan dapat membantu perbaikan DNA, memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan mengurangi peradangan.

Di dalam bawang putih mengandung allicin yaitu senyawa sulfur alil larut yang berperan untuk melawan sel kanker.

Ada beberapa makanan fungsional yang menunjukkan aktivitas anti kanker melalui radikal bebas, seperti bawang putih, brokoli, teh hijau, kedelai, tomat, wortel, kubis, bawang merah, kembang kol, bit merah, cranberi, cokelat, bluberi, anggur merah, prune, dan buah sitrus.

4. Bitter melon

Mungkin sedikit asing terdengar di telinga, namun bitter melon ini merupakan sayuran yang memiliki beberapa komponen bioaktif, seperti polifenol, flavonoid, dan saponin. Jenis sayuran ini pula telah telah dianggap memiliki potensi sebagai anti kanker.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Gandum

Makanan terakhir yang bisa digunakan untuk pencegah kanker adalah gandum. Gandum kaya akan berbagai fitokimia yang sehat, seperti fenolat, flavonoid, dan glukan. Beberapa pengamat menganggap bahwa gandum dapat berperan untuk pencegahan kanker.

Selain harus menjaga gaya hidup sehat, Anda juga harus menghindari beberapa hal berikut ini.

1. Hindari daging mentah dan setengah matang

2. Hindari ikan mentah dan kerang

3. Hindari telur mentah dan setengah matang

4. Hindari produk susu yang tidak dipasteurisasi (seperti susu, keju, dan eggnog), serta madu, jus, dan sari buah yang tidak dipasteurisasi

5. Hindari makanan kemasan yang sudah kedaluwarsa

6. Hindari makanan yang sudah lama hingga lebih dari 48 jam

7. Batasi asupan makanan berlemak jenuh dan lemak trans

8. Batasi asupan minyak hindda ½ kg per bulan setiap satu orang

9. Batasi asupan makanan, seperti acar, sayur dan buah kalengan yang diawetkan, ikan kering, produk siap saji dan siap masak

10. Kurangi minuman berkarbonasi dan makanan yang mengandung gula tambahan

11. Hindari alkohol

 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, pasien kanker juga harus menjaga berat badan yang sehat, meningkatkan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan yang sehat, dan tetaplah berpikiran positif dan bahagia.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini