Sukses

6 Alasan Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Secara Rutin

Pemeriksaan kesehatan secara teratur sangat disarankan, ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Menurut sebagian orang mungkin pemeriksaan kesehatan dianggap hanya membuang-buang uang saja. Coba pikirkan itu lagi. Pemeriksaan kesehatan secara rutin akan sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda beserta keluarga.

Melansir dari laman magforwoman, berikut ini beberapa alasan mengapa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin itu adalah hal baik dan disarankan.

1. Meningkatkan kemungkinan deteksi dini penyakit

Beberapa penyakit seperti banyak jenis kanker diketahui tetap pasif dan tidak menunjukkan gejala apa pun yang terlihat sampai mereka melampaui beberapa fase pertama perkembangannya di dalam tubuh.

Meskipun gejala-gejala ini mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang, pemeriksaan medis menyeluruh dapat mendeteksi gejala-gejala tersebut. Deteksi dini bisa berarti perbedaan antara hidup dan mati pada penyakit fatal.

2. Mengurangi biaya pengobatan dalam jangka panjang

Menurut Anda, apakah health check up adalah pengeluaran yang tidak perlu dilakukan? Bisa jadi itu salah karena pemeriksaan kesehatan secara rutin bisa menjadi alasan di balik deteksi potensi masalah kesehatan yang bisa berujung pada pengeluaran permanen dan berulang, seandainya saat ini belum ketahuan.

Misalnya, pemeriksaan kesehatan dapat mengungkapkan bahwa kadar kolesterol dalam tubuh seseorang lebih tinggi dari rata-rata. Ini akan segera memberi orang itu kesempatan untuk mengubah pola makan dan mulai berolahraga sebelum masalah kolesterol menjadi kronis.

3. Mendorong dan memotivasi untuk tetap sehat

Pemeriksaan kesehatan secara teratur memotivasi untuk tetap sehat karena Anda akan terus-menerus mengingatkan diri sendiri tentang pemeriksaan yang akan datang setiap kali mulai melakukan kebiasaan tidak sehat.

Misalnya, jika mengalami minggu yang sibuk di tempat kerja dan terus-menerus memakan junk food, melakukan pemeriksaan kesehatan akan membuat Anda mengurangi kebiasaan makan yang tidak sehat dan mulai makan makanan sehat lagi.

Inilah alasan mengapa pemeriksaan kesehatan secara tidak langsung memotivasi Anda untuk tetap bugar dan sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Membantu memelihara catatan kesehatan yang konsisten

Pemeriksaan kesehatan rutin akan melakukan lebih dari sekedar mendeteksi masalah kesehatan. Apakah Anda menderita penyakit jangka panjang atau tidak, pemeriksaan ini akan membantu mempertahankan rekam medis yang konsisten. Catatan Anda akan menyimpan informasi penting tentang kesehatan pada periode waktu yang berbeda dalam hidup.

Informasi ini dapat membantu dokter dalam membuat keputusan penting pada saat merawat Anda untuk suatu penyakit di masa mendatang.

5. Ketenangan pikiran diri sendiri

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur akan memberikan ketenangan pikiran untuk diri sendiri dan kesehatan keluarga. Mereka adalah cara mudah untuk menghilangkan keraguan akan penyakit dan dapat membantu meredakan kekhawatiran. Lebih baik mengetahui bahwa Anda tidak memiliki masalah kesehatan daripada meragukan gejala yang menyebabkan kekhawatiran.

6. Memberikan informasi tentang tren kesehatan

Pemeriksaan kesehatan yang konsisten secara berkala akan memberi tren kesehatan. Anda dan dokter akan dapat membandingkan laporan sebelumnya dengan laporan terbaru dan melihat tanda-tanda penurunan kesehatan. Ini akan memberi Anda indikasi pengaruh pilihan gaya hidup terhadap kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.