8 Makanan yang Baik Dikonsumsi Wanita Saat Hamil

Oleh Liputan6.com pada 23 Jan 2021, 20:13 WIB
Diperbarui 23 Jan 2021, 20:15 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa Selama Ramadan?
Perbesar
Ilustrasi ibu hamil. (unsplash.com).

Liputan6.com, Jakarta Wanita yang hamil bukan hanya harus menjaga kesehatan diri sendiri. Di dalam perutnya ada sebuah janin yang kelak akan menjadi bayi dan kemudian dilahirkan.

Sebagai seorang wanita yang pada kodratnya melahirkan anak, tentu sudah seharusnya pun menjaga sang anak ketika masih di dalam kandungan dan setelah dilahirkan.

Oleh sebab itu, sebagai wanita terutama ketika sedang mengandung, sangat penting untuk memerhatikan makanan apa yang dikonsumsi.

Karena pada saat seperti itu, Anda tidak hanya memenuhi asupan untuk diri sendiri, tetapi juga untuk bayi Anda. Selain itu, asupan makanan yang dikonsumsi pun tidak bisa sembarangan.

Ketika Anda sedang mengandung, penuhi asupan dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi tambahan.

Selain dapat memenuhi gizi pada tubuh, mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tambahan juga akan membantu proses persalinan Anda nantinya.

Wanita akan mengalami berbagai bentuk perubahan selama proses kehamilannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap memenuhi segala kebutuhan pola makan walau keadaannya mungkin dapat berubah. Terutama harus mengonsumsi makanan yang baik dan bergizi untuk ibu dan bayi dalam kandungannya.

Lalu, seperti apakah makanan yang baik dan bergizi untuk dikonsumsi wanita saat proses kehamilan? Berikut ini delapan jenis makanan yang baik dikonsumsi wanita saat sedang hamil, seperti melansir lamar Magforwomen.

1. Telur

Salah satu makanan yang mengandung banyak protein adalah telur. Ketika Anda hamil, diperbolehkan mengonsumsi telur karena merupakan makanan bergizi sehingga baik untuk tumbuh kembang bayi dalam rahim.

Selain mengonsumsi telur, Anda juga sebaiknya memberikan vitamin dan mineral yang cukup karena juga dibutuhkan oleh si kecil dalam kandungan. Kandungan tersebut sangat baik untuk membantu perkembangan otak bayi.

2. Kacang dan lentil

Kedua makanan tersebut mengandung serat yang bisa dikonsumsi untuk membantu meringankan rasa sembelit.

Lebih penting lagi kedua makanan tersebut bisa dikonsumsi setiap hari karena berguna untuk memenuhi kebutuhan folat sehingga dapat membantu menjaga kesehatan wanita yang sedang mengandung. Mungkin Anda bisa mengolahnya menjadi sup, salad, atau berbagai cara lainnya.

3. Sayuran hijau

Tidak diragukan lagi bahwa sayuran yang berwarna hijau memang sangat baik dan mengandung banyak gizi.

Anda bisa mengonsumsi berbagai sayuran berwarna hijau, seperti brokoli, bayam, dan sejenisnya. Salah satu kandungan di dalam sayuran hijau adalah mereka kaya akan kalsium dan folat.

Selain itu, mereka pun mengandung zat besi dan vitamin c yang baik untuk memenuhi kebutuhan harian. Anda bisa mengolah berbagai jenis sayuran hijau tersebut dengan cara berbeda-beda dan bisa juga dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


4. Berries

[Fimela] Ibu Hamil
Perbesar
Ilustrasi Ibu Hamil | unsplash.com/@naaatsnaps

 

Salah satu buah yang baik dikonsumsi saat proses kehamilan adalah segala jenis buah beri. Buah tersebut mengandung banyak vitamin c dan merupakan sumber folat. Jenis buah beri ini sangat baik dikonsumsi untuk wanita hamil karena kaya akan serat.

5. Susu

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa seorang wanita yang sedan hamil perlu mengonsumsi setidaknya dua kali lipat dari biasanya karena harus memenuhi asupan untuk si kecil dalam rahim.

Tubuh wanita saat sedang hamil memerlukan kalsium lebih banyak dari pada biasanya. Mengonsumsi susu begitu penting karena bermanfaat untuk pembentukan tulang yang akan mendukung proses persalinan. Oleh karena itu, ada baiknya saat hamil banyak mengonsumsi susu rendah lemak secara rutin selama proses kehamilan.

6. Pisang

Selain buah beri, pisang juga baik dikonsumsi saat sedang hamil. Pisang sendiri mengandung kalium yang juga bermanfaat untuk membantu mengatasi rasa mual. Teksturnya yang lembut dan lunak dinilai baik dan cukup sehat untuk dikonsumsi wanita hamil.

7. Oatmeal

Makanan yang mampu memberikan energi yang cukup lama salah satunya adalah oatmeal. Makanan ini juga cukup baik dikonsumsi wanita hamil karena akan memberikan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, oatmeal juga dinilai mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Kacang (Nuts)

Kacang yang berasal dari pepohonan baik untuk dikonsumsi karena mampu memberikan jumlah lemak yang tepat untuk tubuh. Selain itu, kacang juga dapat memberikan energi dan baik untuk perkembangan otak bayi.

Beberapa wanita hamil mungkin memiliki alergi atau ketidakcocokan tehadap jenis makanan. Untuk itu, tetap penting berkonsultasi pada dokter agar asupan makanan Anda tetap tejaga dan baik untuk bayi dan ibu yang mengandung.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya