Sukses

Ingin Turunkan Berat Badan? Hindari 5 Kesalahan Ini

Berikut ini lima kesalahan diet yang dapat memperburuk keadaan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar pengamat berat badan percaya bahwa mengonsumsi kalori yang dibatasi dan olahraga secara teratur sudah cukup untuk mencapai tujuan penurunan berat badan. Namun di samping itu, tetap saja masih banyak orang yang coba-coba melakukan hal-hal yang dinilai berbahaya dalam proses penurunan berat badannya.

Saat ingin mendapatkan berat badan yang ideal, lakukanlah hal-hal yang baik dan tidak berbahaya untuk kesehatan maupun tubuh.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja hal yang baik dan tidak baik untuk dilakukan dalam proses penurunan berat badan.

Banyak beredar berbagai cara untuk menurunkan berat badan, seperti harus berolahraga, mengurangi makanan berkalori tinggi, dan sebagainya.

Tetapi banyak yang masih belum paham apa saja kesalahan diet yang dapat memperburuk keadaan. Jika Anda melakukan hal tersebut, mungkin saja bukan berat badan ideal yang didapat, tetapi justru tubuh Anda akan drop.

Melansir laman NDTV.com, berikut ini lima kesalahan diet yang dapat memperburuk keadaan Anda.

1. Tidak makan sama sekali

Banyak seseorang yang diet menyarankan agar tidak makan untuk mempercepat proses penurunan berat badan.

Padahal, mengurangi konsumsi kalori dengan cara tersebut dapat memperlambat metabolisme dan justru akan meningkatkan keinginan untuk makan. Diet yang benar bukan berarti tidak makan sama sekali.

Pastikan Anda makan dengan mengonsumsi makanan yang seimbang, padat nutrisi, serta kaya serat dan protein. Dengan Anda mengonsumsi makanan yang seperti itu, Anda bisa menurunkan badan tanpa menimbulkan efek samping karena makanan seperti itu akan memberikan Anda energi dan mengurangi rasa lapar.

2. Mengonsumsi makanan bebas lemak atau rendah lemak

Terkenal sebagai pilihan makanan yang sehat, makanan olahan yang bebas lemak dan rendah lemak ternyata justru tidak baik dikonsumsi untuk seseorang yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

Karena itu, Anda sebaiknya mampu mengurangi atau meminimalkan mengonsumsi makanan sebanyak mungkin. Sebaliknya, Anda seharusnya lebih memaksimalkan untuk mengonsumsi makanan, seperti buah dan sayur alami.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan sehat

Ternyata mengonsumsi makanan sehat berlebihan itu juga tidak baik. Kandungan kalori yang berasal dari makanan yang tidak sehat atau bahkan makanan yang terlalu padat nutrisi itu justru akan menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi berlebihan.

Saat Anda ingin menciptakan bentuk tubuh yang ideal tentu penting untuk memperhatikan ukuran atau porsi makanan yang Anda konsumsi.

4. Menikmati camilan setelah berolahraga

Biasanya seseorang akan melepas rasa lelah setelah berolahraga untuk memakan camilan. Namun pada kenyataannya, memakan camilan setelah berolahraga itu tidak baik. Terlebih jika Anda memilih camilan yang tidak sehat.

Upaya penurunan berat badan Anda tentu akan sia-sia. Oleh karena itu, pastikanlah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalori yang berkualitas, seperti biji-bijian, daging tanpa lemak, sayuran, buah-buahan, atau kacang-kacangan setelah berolahraga. Hal itu sangat membantu proses penurunan berat badan Anda.

5. Terlalu banyak mengonsumsi yang mengandung kalori

Saat proses penurunan berat badan, ada baiknya Anda menghindari minuman, seperti jus dari buah yang manis dan smoothie yang kaya kalori karena keduanya bisa menjadi penyebab utama kenaikan berat badan.

Sebaliknya, Anda lebih baik mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup untuk tetap terhidrasi. Anda bisa beralih ke minuman non kalori untuk lebih mengatur berat badan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.