Seperti Apa Dampak Olahraga Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak?

Oleh Liputan6.com pada 30 Jan 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 30 Jan 2021, 12:00 WIB
Pemanasan
Perbesar
Ilustrasi Pemanasan Sebelum Olahraga Credit: unsplash.com/Juan

Liputan6.com, Jakarta Olahraga bukan hanya baik untuk kebugaran tubuh, tetapi juga baik untuk kekuatan otak. Perlu diketahui bahwa menjaga kekuatan otak pun penting agar dapat berkembang menjadi lebih baik. Oleh karena itu, sempatkanlah untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari.

Melalui otak, manusia bisa berpikir dan berkonsentrasi. Oleh sebab itu, otak perlu kekuatan untuk mengendalikan itu semua. Ketika Anda sudah melatih kekuatan otak, dari situlah otak mulai berkembang. Lalu bagaimana dan manfaat apa sajakah yang didapatkan ketika Anda rajin berolahraga sehingga dapat menambah kekuatan otak Anda?

Melansir laman Magforwomen, berikut ini enam hasil yang baik saat Anda berolahraga untuk meningkatkan kekuatan otak.

1. Meningkatkan kreativitas

Dalam otak ada neuroplastisitas yang membantu kreativitas pikiran. Adanya neuroplastisitas otak memungkinkan Anda untuk terus berubah dan beradaptasi dalam kehidupan. Dengan begitu, Anda dapat menemukan ide dan pembelajaran baru

Berolahraga dapat merangsang sistem tersebut sehingga dapat membantu menjernihkan pikiran. Saat pikiran Anda jernih, tentu akhirnya Anda bisa berkreativitas tanpa batas. Cobalah berjalan-jalan untuk menjernihkan pikiran. Setelah itu, rasakan perubahan yang terjadi pada diri Anda.

2. Meningkatkan memori yang lebih baik

Penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang melakukan lebih banyak aktivitas fisik dan olahraga memiliki hipokampus – bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur memori – yang lebih besar.

Para ilmuwan percaya bahwa pasti ada hubungan yang kuat antara retensi memori dengan olahraga. Berolahraga secara umum juga dapat mengurangi jaringan otak dan sumsums tulang belakang yang lebih gelap sehingga dapat membuat Anda berisiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

3. Meningkatkan mood

Saat mood Anda tidak atau kurang baik, mungkin Anda bisa mencoba untuk berlari sambil mendengarkan lagu kesukaan dengan earphone.

Karena dengan berolahraga, dinilai dapat melepaskan endorfin dalam tubuh sehingga dapat membantu Anda meningkatkan suasana hati. Selain itu, cara ini juga dapat membantu seseorang melawan Depresi jangka panjang.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Mengurangi stres

Ilustrasi stres
Perbesar
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Nik Shuliahin.

 

Dengan berolahraga pun, dinilai dapat membantu menurunkan cukup banyak hormon stres, adrenalin, dan kortisol. Berolahragalah secara teratur untuk membantu Anda mengendalikan hormon-hormon tersebut dan mengurangi kadarnya.

5. Meningkatkan aliran darah

Selain menurunkan hormon, seperti stres, adrenalin, dan kortisol, dengan berolahraga pun bisa memperlebar kapiler otak. Dengan begitu, dapat mengakomodasi peningkatan pksigen dari aliran darah ke otak. Pelebaran kapiler ini dapat membantu kelangsungan hidup neuron dan membuatnya bekerja lebih cepat dari sebelumnya.

6. Meningkatkan fokus, perhatian, motorik

Secara ilmiah telah terbukti bahwa olahraga secara intens dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan perhatian pada suatu hal dengan lebih baik. Dengan Anda fokus, tentu segala pekerjaan akan cepat teselesaikan. Selain itu, juga dapat memperkuat refleks Anda. Hal itu terutama dapat bekerja pada keterampilan motorik sehingga dapat meningkatkan koordinasi dengan baik.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Wastafel Ala Difabel

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya