Sukses

5 Scrub Wajah dengan Bahan Rumahan yang Mudah Dibuat

Cara mudah membuat scrub wajah dengan bahan rumahan.

Liputan6.com, Jakarta Lulur wajah adalah bagian penting dari perawatan kulit apa pun. Alasan di balik memasukkannya ke dalam rutinitas cukup sederhana, untuk mengelupas dan memberikannya pembersihan mendalam agar kulit lembut Anda muncul kembali. 

Menggosok wajah membantu melancarkan peredaran darah agar kulit bercahaya dan membuka pori-pori untuk mencegah munculnya jerawat dan komedo.

Ada banyak alasan mengapa sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit dan di situlah scrub wajah berguna. Itu akan membuat kulit tampak lebih cerah dan lebih sehat.

Tidak ada yang lebih baik daripada scrub yang Anda buat sendiri di dapur. Sungguh menakjubkan apa yang dapat dilakukan untuk kulit hanya dengan beberapa bahan yang mudah didapat. Mereka sangat mudah dibuat dan terbuat dari bahan alami. Plus, akan menghemat uang.

Melansir dari laman Femina, berikut beberapa bahan yang dapat Anda olah sendiri untuk membuat lulur wajah di rumah.

1. Oatmeal dan Yogurt

Jika Anda memiliki kombinasi kulit kering dan berminyak, yang ini akan bekerja dengan sangat baik.

Oatmeal adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit. Selama berabad-abad orang telah menggunakan oatmeal atau 'oatmeal koloid' dalam produk perawatan kulit. Ini tinggi antioksidan dan sifat anti-inflamasi, ditambah itu dapat membuat pengelupas lembut yang hebat pada kulit wajah.

Yogurt memiliki manfaat yang banyak, tetapi dalam kaitannya dengan lulur wajah , yogurt memiliki komponen pengelupas kimiawi karena asam laktat dan vitamin B yang membuat kulit bercahaya dan terhidrasi.

2. Kopi dan Minyak Kelapa

Lulur ini bagus untuk kulit kering dan sensitif. Kopi adalah ramuan yang tidak hanya untuk pikiran dan jiwa, tetapi juga untuk kulit Anda. Ia memiliki sifat anti-penuaan, antioksidan dan anti-inflamasi. Selain sebagai eksfoliator yang populer, ia memiliki kafein yang membantu menghilangkan bengkak dan mengurangi lingkaran hitam.

Minyak kelapa telah digunakan dalam industri kecantikan sejak beberapa dekade. Satu hal yang membedakannya dari yang lain adalah minyaknya adalah asam laurat.

 Ini memiliki sifat anti-bakteri yang membantu memerangi jerawat dan mengatasi penuaan kulit. Minyak kelapa akan memberi kulit Anda hidrasi yang sangat dibutuhkan.

3. Beras dan Lemon

Berurusan dengan kulit kusam dan lelah Anda bisa gunakan scrub beras dan lemon. Beras sebagian besar kaya akan 3 asam yang bagus untuk kulit selain fakta bahwa beras merupakan salah satu exfoliator lembut alami terbaik.

A llantoin Acid, membantu memperbaiki dan meregenerasi kulit. Para-aminobenzoic Acid, membantu memberikan kilau yang cerah dan sehat pada kulit. Ferulic Acid - H elps, menghilangkan radikal bebas dari permukaan kulit dan mengatasi penuaan kulit.

Lemon juga dikenal sebagai pencerah kulit terbaik bagi ibu. Dikemas dengan sifat antijamur dan Vitamin C (pahlawan perawatan kulit). Tingkat pH yang tinggi membantu mengurangi minyak berlebih di permukaan kulit Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Kayu Manis dan Madu

Kayu manis adalah bumbu hangat yang membantu menstimulasi pembuluh darah meningkatkan aliran darah dan membawa oksigen ke permukaan sehingga kulit montok dan sehat. Sedangkan madu berguna untuk menenangkan, menambah kilau alami dan sangat melembabkan kulit. Ini cocok untuk kulit kering dan kulit yang teriritasi.

Jangan khawatir jika Anda merasakan sedikit sensasi menyengat atau geli, itu berarti kayu manis bekerja itu ajaib. Selain itu, jika memiliki kulit sensitif, lakukan uji tempel terlebih dahulu.

5. Almond dan Susu

Lulur ini akan merevitalisasi kulit sensitif. Almond meningkatkan kesehatan kulit, baik dioleskan atau dikonsumsi. Ini memiliki sifat penyembuhan dan menutrisi kulit dan telah digunakan dalam rezim kecantikan sejak ribuan tahun. Sumber nutrisi ini kaya akan vitamin E, antioksidan, dan asam lemak omega-3.

Susu mengandung alpha hydroxy acid (AHA) yang ditemukan di banyak produk kecantikan yang tersedia di pasaran karena popularitasnya yang semakin meningkat sebagai keajaiban perawatan kulit. Ini juga membantu melawan garis-garis halus dan kerutan.

Haluskan almond dan campur dengan susu lalu pijat lembut pada kulit wajah Anda. Setelah 10 menit, cuci dengan air hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.