Sukses

Hilangkan Tahi Lalat dengan 5 Bahan Alami Ini

Tahi lalat terkadang mengganggu sehingga perlu usaha untuk menghilangkannya.

Liputan6.com, Jakarta Tahi lalat merupakan sekumpulan sel kulit yang tidak menyebar secara merata di kulit. Sel-sel tesebut dikenal sebagai melanosit sehingga sel tersebut merupakan pemberi warna pada pigmen. Sebagian besar tahi lalat awalnya muncul karena lecet atau iritasi kulit.

Selain itu, juga bisa muncul akibat paparan sinar matahari atau melanin di kulit yang berubah menjadi warna coklat seiring berjalannya waktu.

Bagi beberapa orang, tahi lalat dianggap sesuatu yang bisa mempercantik, namun ada pula yang menganggap tahi lalat sebagai pengganggu. Bahkan ada orang yang merasa tidak menyukai adanya tahi lalat yang terlihat di wajah atau tubuh.

Namun, Anda tidak perlu lagi khawatir. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda menghilangkan tahi lalat di wajah atau tubuh Anda yang terasa mengganggu, seperti melansir laman Times of India, Senin (1/3/2021).

1. Cuka sari apel

Begitu banyak manfaat dari cuka sari apel. Bahan ini merupakan salah sau bahan yang paling umum digunakan untuk menghilangkan tahi lalat.

Malic dan tartaric merupakan asam yang terkandung dalam cuka apel ternyata dapat melarutkan tahi lalat bahkan akhirnya bisa menghilangkan tahi lalat dari kulit.

Anda hanya perlu menyiapkan kapas. Setelah itu, oleskan sedikit cuka sari apel ke tahi lalat Anda. Bersihkan tahi lalat dengan kapas tersebut.

2. Bawang putih

Ternyata di balik manfaatnya sebagai pelengkap bumbu masakan, bawang putih pun memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan tahi lalat. Bawang putih dinilai mampu bekerja sangat baik untuk menghilangkan tahi lalat yang ada pada wajah atau tubuh Anda.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menghancurkan beberapa siung bawang putih hingga lembut. Setelah itu, Anda bisa mengoleskannya ke tahi lalat yang ingin Anda hilangkan.

Selain itu, Anda perlu mengaplikasikan perban berperekat dengan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi pada tahi lalat dan biarkan menempel semalaman. Ulangi hal tersebut selama kurang lebih seminggu sehingga tahi lalat itu bisa pergi dari kulit Anda.

3. Minyak jarak

Salah satu manfaat yang tekenal dari minyak jarak adalah mampu mengatasi segala peyakit kulit terutama untuk menghilangkan tahi lalat.

Anda perlu mengambil satu sendok makan minyak jara dan campurkan dengan satu sendok makan soda kue. Setelah itu, oleskan bahan tersebut ke tahi lalat Anda dan biarkan semalaman. Bersihkanlah pada pagi hari. Anda bisa melakukan hal tersebut selama sebulan untuk melihat hasil baiknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jus nanas

Siapa sangka, ternyata jus nanas dikenal dapat membunuh bakteri. Oleh karena itu, jus nanas pun sering digunakan dalam krim kulit untuk perawatan kecantikan. Anda cukup mengambil jus nanas dan campur dengan garam laut – sehingga menjadi scrub yang bagus.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada tahi lalat Anda dan gosoklah. Anda perlu menggosok area tersebut selama kurang lebih lima belas menit untuk menghilangkan lapisan atas tahi lalat terlebih dulu. Anda bisa menggunakan scrub tersebut selama kurang lebih seminggu dan Anda bisa melihat perubahannya.

 5. Lidah buaya

Selain baik untuk perawatan rambut, lidah buaya pun baik untuk perawatan kulit. Lidah buaya merupakan tanaman yang menakjubkan karena banyak memberi manfaat karena di dalamnya mengandung sifat antibakteri.

Untuk menghilangkan tahi lalat, Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya ke tahi lalat. Meskipun prosesnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun cara ini dinilai merupakan cara yang aman.

Sebelum mengoleskannya tentu Anda harus membersihkan tahi lalat terlebih dulu. Setelah itu, baru mengoleskannya. Kemudian, tutuplah area tahi lalat yang sudah dioleskan gel lidah buaya itu dengan perban dan biarkan mengering hingga kira-kira 2 jam.

 

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini