Selain Cegah Kanker Paru, Ini Manfaat Lain Jagung Manis untuk Kesehatan

Oleh Helena Yupita pada 02 Mar 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 09:00 WIB
jagung rebus
Perbesar
jagung rebus/copyright: unsplash/virgil cayasa

Liputan6.com, Jakarta Jagung manis memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung bagi tubuh. Jagung manis juga bisa disebut sebagai power food karena sarat nutrisi dan vitamin. Berikut beberapa manfaat jagung manis bagi kesehatan dilansir dari magforwoman.

1. Membantu meningkatkan visi

Karena jagung manis kaya akan antioksidan, ini membantu meningkatkan penglihatan mata. Zeaxanthin merupakan pigmen yang terdapat pada jagung manis, pigmen ini membantu melindungi mata dari kondisi degenerasi makula. Karena jagung manis kaya akan beta karoten dan folat, ini mencegah penyakit terkait mata.

2. Meningkatkan memori

Jika Anda menderita kehilangan ingatan, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi jagung manis. Jagung manis kaya akan Tiamin dan Vitamin B1. Ini membantu meningkatkan daya memori dan mencegah masalah memori terkait usia. Ini juga efektif untuk mengurangi masalah penyakit Alzheimer dalam banyak kasus.

3. Mencegah masalah jantung

Jagung manis kaya akan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9. Ini membantu menurunkan asam amino yang ada di pembuluh darah tubuh. Peningkatan kadar asam amino menyebabkan masalah pada pembuluh darah yang kemudian dapat menyebabkan masalah jantung. Konsumsi jagung manis mengurangi ini dan mencegah jantung dari kerusakan lebih lanjut.

4. Mencegah kanker paru-paru

Terbukti dalam penelitian terbaru, jagung manis dapat mencegah kanker paru-paru. Ada bahan kimia dalam jagung manis, yang dikenal sebagai beta cryptoxanthin. Bahan kimia ini ketika diserap oleh tubuh diubah menjadi vitamin A. Jadi, ini membantu mencegah perkembangan kanker paru-paru. Ini juga membantu mencegah bentuk kanker lainnya.

2 dari 2 halaman

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Jagung bakar
Perbesar
Jagung bakar (Photo by Dragne Marius on Unsplash)

Jagung manis kaya akan mangan, seng, dan tembaga. Ini membantu meningkatkan kekuatan tulang tubuh secara keseluruhan. Ini mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh artritis pada wanita. Magnesium juga membantu mencegah kejang otot dan kekakuan di tubuh. Bisa dikonsumsi dalam bentuk mentah seminggu sekali.

6. Meningkatkan sistem kekebalan

Jagung manis sarat dengan kebaikan vitamin C dan protein. Vitamin C yang ada dalam jagung manis membantu meningkatkan daya kekebalan Anda. Ini mencegah risiko pilek dan flu. Protein hadir dalam jumlah minimal pada jagung manis tetapi baik untuk memberikan energi bagi tubuh. Serpihan jagung juga menyediakan sumber energi yang baik yang terbuat dari jagung.

7. Efektif untuk kondisi anemia

Karena jagung manis baik sebagai sumber zat besi, ini mencegah masalah anemia. Ini membantu meningkatkan kadar hemoglobin normal tubuh. Faktanya, konsumsi corn flakes dapat meningkatkan hemoglobin hingga lima puluh persen dalam waktu satu bulan seperti yang dibuktikan oleh sebuah penelitian. Asam folat yang ada dalam jagung manis juga mencegah anemia.

8. Efektif untuk menurunkan kadar kolesterol

Jika Anda menderita masalah kadar kolesterol tinggi, maka konsumsi jagung manis bisa membantu Anda. Ini membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dengan mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak jagung juga efektif untuk menjaga kadar kolesterol normal tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓