Sukses

Begini Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

Langkah-langkah menjaga kesehatan mata.

Liputan6.com, Jakarta Mencegah akan lebih baik daripada mengobati, termasuk kesehatan pada mata. Banyak cara mudah untuk menjaga mata Anda dari gangguan.

Mata merupakan salah satu indera pada manusia yang bisa dibilang paling penting. Melansir dari laman webmd.com, berikut langkah-langkah mudah menjaga kesehatan mata.

1. Makanan sehat

Kesehatan mata yang baik dimulai dengan makanan yang Anda santap. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, dan  vitamin  C dan E dapat membantu menangkal  masalah penglihatan terkait  usia seperti degenerasi makula dan katarak. 

Makanan yang dianjurkan untuk kesehatan mata yakni sayuran berdaun hijau (bayam, kangkung, dan sawi), ikan (salmon, tuna, dan ikan berminyak lainnya), telur, kacang-kacangan, jeruk.

Pola makan yang seimbang menurunkan kemungkinan obesitas dan penyakit terkait seperti diabetes tipe 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

2. Berhenti Merokok

Merokok akan membuat Anda lebih mudah terkena katarak, kerusakan pada saraf optik, dan degenerasi makula. 

Jika pernah mencoba menghentikan kebiasaan merokok sebelumnya, teruslah lakukan itu. Semakin banyak mencoba untuk berhenti, maka semakin besar kemungkinan untuk berhasil. Minta bantuan dokter pada dokter jika mengalami kesulitan.

3. Kenakan Kacamata Hitam

Menggunakan kacamata hitam saat di luar rumah akan membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) matahari.

Itu penting karena, terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula.

Pilih kacamata yang dapat menghalangi 99 persen hingga 100 persen sinar UVA dan UVB. Lensa pembungkus membantu melindungi mata dari samping. Lensa terpolarisasi mengurangi silau saat Anda mengemudi.

4. Kacamata Safety

Jika Anda menggunakan bahan berbahaya atau terbawa udara di tempat kerja atau di rumah, kenakan kacamata pengaman atau kacamata pelindung. Olahraga seperti hoki es, bola raket, dan lacrosse juga dapat menyebabkan cedera mata. Kenakan pelindung mata. Helm dengan masker pelindung wajah atau kacamata olahraga dengan lensa polikarbonat akan melindungi mata Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Jaga jarak mata dari layar laptop

Menatap layar komputer atau ponsel terlalu lama dapat menyebabkan beberapa penyakit mata misalnya ketegangan mata, penglihatan kabur, kesulitan fokus pada jarak jauh, mata kering, sakit kepala, nyeri leher, punggung, dan bahu.

Untuk melindungi mata ada beberapa langkah yang sebaiknya Anda lakukan misalnya dengan menggunakan kacamata anti radiasi, gerakkan layar sehingga mata sejajar dengan bagian atas monitor. Itu memungkinkan Anda melihat sedikit ke bawah layar.

Cobalah untuk menghindari silau dari jendela dan lampu. Jika mata kering, berkedip lebih sering atau coba gunakan air mata buatan. Istirahatkan mata setiap 20 menit. Bangunlah setidaknya setiap 2 jam dan istirahatlah selama 15 menit.

6. Datang ke dokter mata secara teratur

Setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan anak kecil. Ini akan membantu melindungi penglihatan Anda dan memungkinkan melihat yang terbaik.

Pemeriksaan mata  juga dapat menemukan penyakit, seperti  glaukoma , yang tidak memiliki gejala. Penting untuk mengenali mereka sejak dini, saat mereka lebih mudah diobati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.