Sukses

Petai Ternyata Dapat Bantu Turunkan Berat Badan dan Hentikan Rokok

Manfaat petai untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun petai menimbulkan bau yang kuat dan beberapa merasa jijik, ternyata ada banyak manfaat kesehatan dari mengkonsumsinya.

Sebuah penelitian menyarankan untuk kita tetap makan petai agar tetap sehat. Tidak hanya enak diolah pada hidangan tertentu, ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan kaya akan nutrisi dan antioksidan. 

Melansir dari laman klfoodie.com, berikut manfaat petai bagi kesehatan.

1. Membantu Meringankan Depresi

Petai merupakan salah satu kacang-kacangan yang termasuk trytophan, sejenis protein yang akan diubah menjadi bahan kimia bahagia yang disebut serotonin. Ini akan meningkatkan mood dan membantu Anda untuk lebih rileks.

2. Antioksidan Kuat

Antioksidan kuat dalam petai dapat mencegah kerusakan sel tubuh Anda. Melindungi sel-sel tubuh dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker, diabetes, hipertensi, dan artritis.

3. Menurunkan Gula Darah dan Kolestrol

Mengkonsumsi petai akan menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh Anda. Hal ini pun sering digunakan sebagai pengobatan diabetes alami.

Selain itu, sterol nabati yang ada dalam buncis telah terbukti menurunkan kadar kolestrol LDL, menurunkan kemungkinan stroke dan penyakit jantung.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Petai mengandung serat makanan dalam jumlah tinggi yang akan memperlambat penyerapan glukosa dari usus, yang akan mencegah penambahan berat badan.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kadar kalium tinggi yang terdapat pada buncis dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

6. Mencegah Kelelahan

Kandungan zat besi dalam kacang ini membantu produksi hemoglobin dalam darah, yang akan membuat Anda merasa lebih energik.

7. Meningkatkan Kekuatan Otak

Tingkat potasiumnya yang tinggi juga dapat memperkuat kemampuan belajar Anda dan membuat Anda lebih waspada.

8. Mencegah Kerusakan Hati

Kacang mengandung agen anti kanker, tioprolin, yang tidak hanya membantu mencegah kanker, tetapi juga mendetoksifikasi hati.

 

3 dari 3 halaman

9. Mendukung Penarikan Nikotin

Petai dapat membantu individu yang mencoba berhenti merokok. Vitamin, kalium, magnesium hadir membantu dengan efek negatif penghentian nikotin.

10. Mengurangi Gatal Gigitan Nyamuk

Mengoleskan gigitan nyamuk pada kulit Anda menggunakan bagian dalam kulit petai, dapat mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman akibat gigitan.

11. Anti Bakteri

Senyawa yang bertanggung jawab atas bau busuk petai, polisulfida siklik, terbukti memberikan sifat anti bakteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.