Sukses

Selain Beri, Simak 7 Makanan yang Mengandung Banyak Antioksidan Ini

Bingung makanan apa saja yang kaya akan antioksidan? simak di sini

Liputan6.com, Jakarta Antioksidan dapat membantu menetralkan radikal bebas yang pada akhirnya dapat membantu mengurangi tingkat peradangan di tubuh, membuat kulit menjadi bersinar dan tentunya tampak awet muda.

Jika Anda salah satu dari banyak orang yang mengalami nyeri otot, nyeri sendiri atau sembelit itu bisa jadi berasal dari perdangan umum pada sistem tubuh.

Sehingga pada akhirnya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan alergi, sembelit hingga usus bocor.

Peradangan sendiri dapat dipicu oleh beberapa faktor gaya hidup seperti pola makan yang buru, stres dan radiasi.

Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan sistem Anda perlu untuk meningkatkan konsumsi makanan antioksidan yang tinggi akan vitamin A, C, E dan mineral.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Jumat (20/11/2020) berikut adalah beberapa daftar makanan yang mudah didapatkan dan mengandung banyak antioksidan: 

1. Cokelat hitam

Kandungan kakao yang tinggi sehingga cokelat hitam dapat membantu menjaga kadar gula agar tetap terkendali.

Selain itu cokelat hitam juga kaya akan flavonoid yang dapat membantu menangkal stres dan meningkatkan kesehatan tulang.

2. Blewah

Kaya akan vitamin C yang penting untuk produksi kolagen, bahan penyusun yang membuat kulit terasa kenyal.

Selain itu vitamin C sendiri juga dapat membantu meregenerasi sel dan jaringan sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh dan menangkis radikal bebas yang berbahaya.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan selanjutnya

3. Bit

Kaya akan antioksidan dan membantu memurnikan darah Anda. Asam caffeic hadir dalam bit adalah senyawa polifenol yang mengandung sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mencegah penuaan dini serta mengurangi jerawat sekaligus memberikan kulit bercahaya.

4. Alpukat

Tidak hanya kaya akan lemak tak jenuh, tetapi juga tinggi vitamin E. perlu diketathui bahwa vitamin E memiliki sifat pelembab dan penyembuhan luka yang sangat baik sehingga dapat membantu penyembuhan psoriasis yang ringan.

5. Salmon

Kaya akan asam lemak dan astaxanthin yang merupakan sejenis antioksidan yang dapat membantu menghaluskan kerutan dan garis halus. Astaxanthin juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat membantu nyeri sendi.

6. Jahe

Akar yang tampak keriput namun mengandung antioksidan. Sarat dengan sifat anti-inflamasi dan bekerja sebagai ramuan ajaib untuk mengobati sakit perut dan mual. Jahe juga memiliki sifat membakar lemak.

7.  Timi

Senyawa fenolik dalam tim dapat membantu mengekang infeksi bakteri seperti bisul dan impetigo.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.