Sukses

5 Makanan Tinggi Gula yang Tak Pernah Anda Duga

Yogurt memang golongan makanan sehat tapi sayangnya seringkali memiliki lebih banyak gula tambahan daripada buah.

Liputan6.com, Jakarta Gula bisa menjadi pemanis dalam makanan juga petaka bagi seseorang dengan risiko diabetes. Sejumlah makanan yang Anda pikir aman bisa jadi mengandung pemanis yang meningkatkan gula darah.

Seperti disampaikan Julie Upton, RD, salah satu pendiri Appetite for Health yang berbasis di San Francisco, asupan tinggi gula tambahan dapat menyebabkan perlemakan hati, resistensi insulin, diabetes tipe 2 dan peradangan sistemik. Mereka sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan dan obesitas.

Selain gula yang biasa Anda konsumsi, sejumlah makanan ini ternyata masuk daftar pemanis yang sebaiknya dihindari bagi penderita obesitas atau diabetesi. Berikut ulasannya, seperti dikutip Everydayhealth:

1. Yogurt Rasa

Yogurt memang golongan makanan sehat tapi sayangnya seringkali memiliki lebih banyak gula tambahan daripada buah.

“Bacalah bahan-bahannya. Jika gula termasuk dalam tiga bahan teratas, tinggalkan item tersebut di rak, ”kata Erin Palinski-Wade, RD, CDCES, penulis Diet Diabetes 2-Hari yang berbasis di Sparta, New Jersey. Dan ketahuilah bahwa gula memiliki 60 nama, termasuk tebu dan sirup jagung.

Atau pilih yogurt tanpa rasa untuk kemudian Anda tambahkan kayu manis, buah segar, saus apel tanpa pemanis, kacang panggang dan kacang tawar, dan biji-bijian adalah tambahan yang bagus untuk memberi rasa tanpa tambahan gula,” kataLori Zanini, RD, CDCES, yang berbasis di Pantai Manhattan, California.

2. Saus tomat

Saus tomat yang dibeli di toko mungkin terlihat aman dari gula, tetapi seringkali ada gula tambahan untuk mengurangi rasa asam tomat dan menjaga saus yang diaduk tetap segar lebih lama.

Sekali lagi, gula alami bukanlah masalahnya - sirup jagung dan gula tambahan lainnya adalah masalahnya.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jus buah kemasan

Jus buah kemasan tidak semuanya diciptakan sama. Banyak minuman lain yang berlabel jus dikemas dengan tambahan gula dan bahan lainnya.

Periksa label produk dan cari jus 100 persen" atau "tanpa gula yang ditambahkan" di bagian label. Atau, lebih baik lagi, pilih buah utuh sebagai gantinya. 

4. Granola dan snack bar

Camilan ini seringkali terdengar jauh lebih sehat daripada yang sebenarnya. Beberapa merek mengandung hingga 11 g gula per batang, dan Anda mungkin juga menemukan tepung putih di daftar bahannya.

Hindari batangan yang mencantumkan gula dalam tiga bahan teratasnya. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengemil segenggam kacang utuh dan buah kering utuh atau tanpa pemanis.

5. Buah kering

Buah kering  cenderung terdengar jauh lebih sehat daripada yang sebenarnya. Namun segenggam cranberry kering, misalnya, dapat mengandung hingga 27 g gula tambahan, di atas gula alami buah tersebut. Kadar gula cenderung paling tinggi pada buah-buahan kering yang secara alami asam.

3 dari 3 halaman

Asah Kepandaian Matematis Anak Sejak Balita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.