Sukses

Studi Terbaru Sebut Makan Cabai Bikin Panjang Umur

Orang yang mengonsumsi cabai secara rutin dapat memiliki masa hidup lebih lama karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, antikanker, dan pengatur glukosa darah.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru kembali mengungkap manfaat cabai untuk kesehatan. Dalam laman Foxnews, American Heart Association (AHA) merilis pernyataan bahwa orang yang mengonsumsi cabai secara rutin dapat memiliki masa hidup lebih lama karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, antikanker, dan pengatur glukosa darah.

Penelitian ini rencananya akan diumumkan pada konferensi virtual berjudul "Scientific Sessions 2020" pekan ini.

Meski penelitian ini masih awal, namun menurut AHA, cabai ini cukup berperan dalam mengurangi risiko seseorang meninggal akibat penyakit kardiovaskular atau kanker.

Penelitian ini menganalisis 4.728 studi yang berkaitan dengan cabai dan sejumlah penyakit.

Lebih dari 570.000 catatan kesehatan dimasukkan dalam penelitian ini, termasuk orang-orang dari AS, Italia, Cina, dan Iran.

Kandidat yang makan cabai secara teratur mengalami “penurunan relatif 26 persen dalam kematian kardiovaskular; penurunan relatif 23% dalam kematian akibat kanker; dan penurunan relatif 25 persen dalam semua penyebab kematian."

“Kami terkejut menemukan studi yang diterbitkan sebelumnya bahwa konsumsi cabai secara teratur dikaitkan dengan pengurangan risiko secara keseluruhan dari semua penyebab penyakit termasuk CVD (penyakit kardiovaskular) dan kematian akibat kanker,” kata Dr. Bo Xu, penulis senior penelitian tersebut. "Ini menyoroti bahwa faktor makanan mungkin memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan."

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Studi masih awal

Kendati demikian, peneliti masih belum bisa memastikan bahwa konsumsi cabai bisa sepenuhnya membuat panjang umur.

Sebab studi ini dilakukan secara acak dan di antara mereka yang makan cabai, tingkat konsumsinya bervariasi, sehingga tidak jelas berapa banyak yang perlu dikonsumsi untuk menawarkan manfaat kesehatan.

Seperti diketahui, berbagai nutrisi yang terkandung dalam cabai rawit memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Di antaranya seperti protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, air dan capsaicin bisa kamu dapatkan dalam cabai.

Namun, jangan sampai mengonsumsi cabai berlebihan, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

3 dari 3 halaman

Infografis Harga Cabai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.