Sukses

3 Teknik Jaga Kesehatan Mental

Lakukanlah 3 teknik ini secara benar dan konsisten untuk dapat meningkatkan kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya, cara Anda melihat, memahami dan melakukan didasari pada kesehatan mental. Sehingga, jika Anda mampu untuk menghadapi situasi kehidupan yang menyebabkan stres, kecemasan dan depresi menunjukkan bahwa Anda sudah bugar secara mental dan tertarik pada pertumbuhan pribadi.

Salah satu yang membuat stres saat ini adalah pandemi Covid-19 sehingga telah menguji kesehatan mental semua orang.

Namun jika seseorang memiliki kesehatan mental yang stabil maka dapat memiliki kemampuan untuk mengelola semua hal dalam lingkungan sosial.

Mengutip dari Lifehack, Kamis (12/11/2020) berikut 3 teknik jika dengan benar dan konsisten dapat meningkatkan kesehatan mental:

1. Visi

Teknik pertolongan diri nomor satu untuk menginatkan kesehatan mental adalah penglihatan. Visi sendiri adalah bahan utama untuk menetapkan tujuan apapun dalam hidup.

Peliharalah teknik self-help dengan menciptakan visi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan mental Anda. Berikut beberapa contoh untuk membuat visi tersebut.

  • Ciptakan visi untuk mempertahankan tubuh yang kuat dan fleksibel serta menetapkan tujuan, sehingga dapat memotivasi dan menginspirasi Anda untuk berolahraga, membangun fokus dan mengelola emosi.
  • Memiliki visi menciptakan pola tiur yang optimal, sehingga dapat memungkinkan Anda untuk displin dan membangun rutinitas yang sehat.
  • Ciptakan visi untuk membuat diri Anda puas dengan hal penting seperti keluarga, teman atau siapapun itu. 

Dengan melakukan teknik ini untuk menciptakan berbagai jenis penglihatan ini akan memberi Anda fokus, sehingga secara otomatis dapat meningkatkan kesehatan mental.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknik selanjutnya

2. Latihan fisik

Kesehatan mental juga bergantung pada kesehatan fisik. Seperti kata pepatah ‘mens sana in corpore sano’ di dalam pikiran yang sehat terdapat tubuh yang sehat. Kedua aspek ini saling berkaitan dan terhubung, oleh karena itu mulailah dengan sebuah penglihatan.

Anda dapat lakukan segala jenis gerakan fisik yang disukai dan diulang setiap harinya. Setidaknya berolahragalah minimal 3 kali sehari selama 15 menit.

3. Latihan mental

Di mana teknik membantu diri sendiri yang paling penting untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Dengan melakukan latihan mental maka dapat mengaktifkan kreativitas untuk visi yang lebih baik lagi. Latihan mental sendiri dapat dilakukan dengan cara meditasi.

Meditasi sendiri adalah keadaan menjadi dan mengamati diri sendiri, sehingga menjadi salah satu hal yang snagat sederhana untuk dilakukan.

Jika Anda bisa duduk diam dan mengamati pikiran tanpa terganggu sekitar, maka Anda dapat melakukannya. Semakin lama melakukannya, semakian kuat kesehatan mental yang dimiliki.

 

Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.