Sukses

Ternyata, Bir dan Anggur Merah Punya Manfaat untuk Kesehatan

Berikut minuman yang baik dikonsumsi untuk kesehatan dan mencegah dari penyakit tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Soda, jus, dan minuman berkalori lainnya sering kali dianggap sebagai penyebab utama meningkatnya angka obesitas.

Tetapi penelitian menunjukkan bahwa jika memilih minuman yang tepat untuk Anda, minuman tersebut dapat berdampak positif pada kesehatan dan bahkan penurunan berat badan.

Teh hijau sering dikatakan memiliki manfaat kesehatan. Tetapi ternyata kopi, teh hitam, anggur merah, dan bahkan bir juga bisa baik untuk tubuh, namun tetap dalam jumlah sedang.

Melansir dari everyday health, inilah minuman yang baik dikonsumsi untuk kesehatan Anda.

1. Bir untuk Dibetes dan Kesehatan Otak

Hop, atau lebih khusus lagi turunan hop yang disebut humulones, dikenal memberikan rasa yang segar dan lezat pada bir.

Menurut penelitian Angewandte Chemie International Edition, ini bisa digunakan untuk mengobati jenis sakit tertentu dan bahkan menurunkan berat badan. Kandungan kristalografi sinar-X,  telah menentukan struktur molekul humulone dan asam pahit pada bir.

Asam pahit yang ditemukan dalam bir sebelumnya telah dipuji karena manfaat kesehatannya. Bir dapat mengobati diabetes, melindungi kesehatan tulang, kesehatan jantung, kesehatan ginjal, dan otak, dan bahkan dapat mengurangi risiko kanker Anda. Tidak disarankan untuk minum bir dengan berlebihan.

2. Air Putih untuk Hidrasi

Sangat penting untuk minum banyak air. Tubuh sebagian besar terdiri dari air yang bermanfaat melindungi sendi, tulang, dan organ, membantu tubuh mencerna makanan dan membuang limbah, dan membuat Anda tetap terhidrasi. The Institute of Medicine merekomendasikan Anda harus minum air putih sekitar 9 hingga 13 gelas air sehari.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Susu untuk Kesehatan Tulang

Susu sapi tetap menjadi kontroversi di beberapa kalangan, tetapi banyak kalangan menunjuk susu rendah lemak atau bebas lemak karena manfaat kesehatan tulangnya yang penting, terutama pada anak-anak yang sedang bertumbuh.

Dalam susu terdapat sumber protein, kalsium, dan vitamin D yang baik. Untuk orang dengan alergi laktosa, kedelai dan almond merupakan pilihan yang bagus.

4. Jus Sayur untuk Vitamin

Jika Anda suka minum jus di pagi hari, itu adalah hal yang baik. Selain kandungan air yang tinggi, buah kaya akan sejumlah nutrisi, di antaranya vitamin A, vitamin C, dan likopen.

Buah juga tidak memiliki kandungan gula yang tinggi dan dapat membantu menurunkan berat badan. Jus sayuran adalah cara cepat untuk memasukkan mineral dan vitamin ekstra ke dalam makanan, terutama jika Anda tidak makan banyak buah dan sayuran segar setiap hari.

 

 

3 dari 3 halaman

5. Anggur Merah untuk Kesehatan Jantung

Minuman beralkohol lainnya dapat memiliki sifat pelindung yang serupa dengan bir jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Secara khusus, senyawa resveratrol, yang ditemukan dalam anggur merah, telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker kulit, dan bahkan mungkin melawan lemak, menurut sebuah penelitian terbaru.

Wanita yang minum cukup di usia paruh baya telah terbukti memiliki insiden masalah yang lebih rendah seperti diabetes atau Alzheimer di kemudian hari.

6. Kopi untuk Antioksidan

Menurut sebuah penelitian federal baru-baru ini, konsumsi tiga cangkir kopi setiap hari dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Sejumlah penelitian lain mengaitkan konsumsi kopi dengan risiko diabetes, kanker, penyakit Parkinson, dan Alzheimer yang lebih rendah, di antara kondisi kesehatan lainnya.

Kopi memiliki banyak manfaat kesehatan terutama yang berasal dari antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan dan dapat membantu melindungi dari penyakit tertentu. 

7. Teh Hitam untuk Mencegah Penyakit

Jika Anda lebih suka rasa teh,ada peneliti yang mengatakan bahwa teh hitam, baik panas maupun dingin, menawarkan banyak manfaat kesehatan yang sama dengan kopi.

Teh hitam mungkin memberikan sedikit dorongan metabolisme, dan itu penuh dengan antioksidan. Namun perlu diperingatkan bahwa lebih dari secangkir sehari dapat membuat dehidrasi, dan Anda perlu minum lebih banyak air putih sebagai kompensasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.