Sukses

Menatap Layar Bikin Mata Jadi Kering, Begini Tips Mencegahnya

Bekerja dari rumah dan harus selalu melihat layar laptop atau gawai membuat mata menjadi kering, sehingga ikutilah tips ini untuk mencegah mata kering yang berlebihan

Liputan6.com, Jakarta Ketika wabah pandemi Covid-19 melanda semua pekerjaan harus dilakukan dari rumah. Ketika bekerja dari rumah pun, banyak orang yang dituntut untuk melihat layar laptop ataupun gawai sehingga tidak dipungkiri lama-kelamaan mata pun menjadi lelah, gatal dan kering.

Mata kering bisa terjadi ketika jumlah atau kulitas air mata yang dihasilkan tidak mencukup untuk melunasi dan menyehatkan mata.

Beberapa penyebab dari mata kering sendiri yakni AC, polusi, pemakaian soflens, dan salah satu yang paling berkontribusi pada saat ini adalah peningkatan waktu yang dihabiskan untuk melihat layar.

Sebuah studi menunjukkan bahwa melihat layar baik itu gawai ataupun laptop dapat menurunkan tingkat kedipan mata Anda secara keseluruhan sebesar 33 persen, meningkatkan risiko kekeringan.

Sehingga mengurangi waktu pemakaian perangkat adalah salah satu solusi yang paling ideal, tetapi tidak mungkin dapat dilakukan karena kondisi bekerja dari rumah yang tidak memungkinkan jika tidak melihat perangkat.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara mencegah mata kering

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Rabu (4/10/2020) berikut adalah cara sederhana lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah masalah mata kering

1. Pengaturan kerja yang baik sangat penting

Di mana menempatkan layar gawai atau komputer setidaknya 70 cm dari wajah. Jika memungkinkan, di bawah ketinggian mata sehingga tidak perlu terus-menerus membuka mata lebar-lebar.

2. Istirahatlah setiap 20 menit untuk melihat sesuatu yang lain (terutama yang hijau-hijau) dan kedipkan mata Anda beberapa kali.

3. Selain layar gawai atau laptop, Anda harus menjaga tingkat kelembapan di dalam rumah dengan baik. Usahakan untuk menghindari segala jenis aliran udara baik dari pengering rambut atau AC, selain itu juhga hindari asap rokok.

4. Hindari untuk mengucek mata atau kelopak mata. Terutama saat pandemi, karena banyak ilmuwan yang menganggapnya sebagai sumber kontaminasi yang potensial.

5. Gunakan air mata atau obat tetes mata yang dapat membantu meredakan mata kering. Namun jika masih berkelanjutan disarankan untuk pergi ke dokter atau orang yang lebih ahli.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mata kering adalah suatu gangguan pada permukaan mata yang ditandai dengan ketidakstabilan produksi dari lapisan air mata.

    Mata Kering

  • Mata