15 Pilihan Makanan demi Payudara Sehat

Oleh Fitri Syarifah pada 02 Nov 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 02 Nov 2020, 08:00 WIB
kanker payudara
Perbesar
ilustrasi perempuan pagi hari/Photo by JD Chow on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Tak ada makanan yang buruk, namun sejumlah makanan bisa dikategorikan sehat dan tidak. Salah satu dampak makanan yang tidak sehat akan mempengaruhi kesehatan payudara.

"Makanan yang sehat mendukung kesehatan payudara dengan mengurangi peradangan, membantu menjaga berat badan yang sehat, dan meningkatkan kesehatan metabolisme, yang semuanya dapat membantu mengurangi, tetapi tidak menghilangkan, risiko kanker payudara," jelas Cathy Leman, penyintas kanker payudara, ahli diet terdaftar, dan pendiri Higher Ground Breast Cancer Survival dan Dam Mad About Breast Cancer.

Dia menambahkan, pola makan yang sehat memberi tubuh nutrisi untuk perbaikan dan pertumbuhan, memberikan energi, dan membantu menstabilkan gula darah dan tekanan darah

Kanker payudara adalah kanker paling umum di seluruh dunia, mempengaruhi satu dari delapan wanita, dan bahkan banyak pria.

Meskipun beberapa faktor risiko tidak dapat dihindari (yaitu, riwayat keluarga), menerapkan diet ramah payudara adalah cara yang bagus untuk mengurangi risiko. Menurut Ginger Muscalli, RD LDN di The Johns Hopkins Hospital, dua kali penyintas kanker payudara.

“Ada banyak faktor yang menyebabkan payudara sehat dan banyak yang tidak diketahui mengapa individu bisa menyayangkan jika diberi diagnosis kanker payudara. Dengan kombinasi motivasi dan moderasi, ada banyak makanan yang bisa berdampak positif bagi kesehatan payudara. Saya adalah seorang yang selamat, dan selalu makan untuk kita bertiga (ia dan sepasang payudaranya)!"

Berikut ini merupakan 15 makanan ramah payudara yang direkomendasikan Leman dan Muscalli, dilansir dari Cosmopolitan.

1. Arugula dan kale

Benar, semua sayuran hijau luar biasa untuk tubuh Anda, terutama keduanya sangat bermanfaat bagi kesehatan payudara.

Arugula dan kale adalah anggota dari keluarga sayuran silangan dan merupakan sumber serat dan karotenoid yang baik, dua elemen tanaman yang mungkin bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker payudara estrogen receptor-negative (ER-) (ER-).

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung vitamin C dan antioksidan, yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan jaringan payudara. Beli utuh dan hancurkan saat masih segar untuk dimasukkan ke dalam resep Anda untuk mendapatkan manfaat terbaik.

3. Lentil

“Karena kandungan seratnya yang tinggi, semua jenis legum bermanfaat,” kata Leman. “Makan makanan tinggi serat dapat mengurangi risiko diagnosis awal serta kekambuhan.

Satu studi menemukan bahwa untuk setiap 10 gram serat yang dimakan setiap hari, risiko kanker payudara lima persen lebih rendah.

Serat makanan juga dapat difermentasi oleh bakteri usus menjadi asam lemak rantai pendek, yang membantu mendukung mikrobioma yang sehat."

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin, yang merupakan antioksidan alami. “Teh hijau dapat mempengaruhi orang dengan berbagai cara,” ujar Muscalli.

“Beberapa orang gelisah saat minum teh hijau (karena ada tata krama-nya). Saya selalu mengatakan untuk memulai dengan perlahan dan meningkatkan jumlah yang dapat mereka miliki; mungkin satu saat makan malam atau satu saat makan siang, dan kemudian mungkin dua cangkir sehari."

5. Ikan berlemak

Muscalli mengatakan beberapa penelitian telah menemukan bahwa ikan berlemak sebenarnya dapat mengurangi risiko kanker payudara karena tingginya tingkat selenium dan omega-3.

Cari Environmental Defense Fund's seafood selector untuk menemukan pilihan terbaik salmon, mackerel, sarden, herring, swordfish, tuna sirip biru, dan trout, atau cukup beli dari sumber yang dapat dipercaya, seperti Wild Atlantic Sockeye Salmon yang ditangkap secara lestari ini atau Swordfish Steaks.

 

2 dari 4 halaman

6. Blueberry dan blackberry

Semua buah beri mengandung flavonoid, vitamin C, dan mangan, namun terkhusus blueberry dan blackberry berpotensi mengurangi risiko kanker payudara karena melimpahnya fitokimia seperti cyanidin, kaempferol dan resveratrol.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa fitokimia ini dapat mengganggu jalur utama, serta memicu kematian sel (apoptosis) yang berpotensi mengurangi risiko kekambuhan," jelas Leman.

7. Produk berwarna cerah

Sayuran segar seperti wortel, ubi jalar, brokoli, kembang kol, dan kubis Brussel mengandung karotenoid dan antioksidan, yang dapat mengurangi kejadian kanker payudara.

8. Yogurt

Makanan fermentasi seperti yogurt mengandung probiotik, yang meningkatkan kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh. “Ini membantu pencernaan,” Muscalli menambahkan.

“Ini membantu kita tetap teratur dan membersihkan tubuh dari racun. Seringkali penderita kanker payudara ditemukan juga mengidap kanker usus besar, dan sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan makan. "

9. Barley dan oat

“Sementara lebih banyak data diperlukan untuk menarik kesimpulan yang pasti, kami tahu bahwa biji-bijian adalah sumber serat tidak larut yang baik dan mengandung senyawa bioaktif seperti asam fenolik dan antosianin, keduanya bermanfaat untuk diet kesehatan payudara,” kata Leman.

10. Biji rami/flax seed

Baik dimakan sebagai biji atau sebagai minyak, biji rami mengandung omega-3 dan kaya akan antioksidan.

"Studi menunjukkan minyak biji rami dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor payudara," kata Muscalli.

“Setiap orang berbeda, tetapi saya biasanya merekomendasikan satu sendok makan sehari untuk sebagian besar klien saya. Saya memiliki beberapa klien yang bangun di pagi hari dan menaruh satu sendok makan roti gandum mereka dengan kayu manis, tapi sangat mudah untuk menambahkan satu sendok makan (biji rami) ke salad. ”

 

3 dari 4 halaman

11. Bawang bombay

"Penelitian terbaru menemukan bahwa khasiat tertentu dari bawang bombay, yaitu vitamin C, flavonol, dan banyak antioksidan lainnya, dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara," kata Muscalli.

12. Kacang-kacangan

Banyak sekali manfaat mengonsumsi berbagai macam kacang-kacangan, seperti jumlah fitosterol yang terkandung dalam kenari, kacang Brazil, dan kacang tanah. "Fitosterol mengikat reseptor estrogen," jelas Muscalli. "Estrogen telah dikenal untuk memicu beberapa tumor payudara, jadi mengonsumsi makanan yang kaya fitosterol dapat membantu mengatur tingkat estrogen."

13. Buah jeruk

Jeruk, grapefruit, lemon, dan limau semuanya menyediakan antibiotik, vitamin C, dan folat untuk meningkatkan sistem kekebalan dan mengurangi peradangan.

14. Ragam buah-buahan

Pola makan yang kaya buah-buahan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, dan menambahkan perputaran buah persik, pir, apel, anggur, dan pisang dapat meningkatkan kadar kalium dan vitamin C, dua nutrisi penting untuk menjaga tubuh tetap kuat dan sehat.

15. Herbal dan rempah-rempah

Rempah-rempah seperti kurkumin, jahe, kayu manis, kemangi, dan kunyit mengandung neutraceuticals yang dapat mengatur jalur sinyal dan mengurangi peradangan.

“Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi beberapa rempah telah ditemukan memiliki sifat anti kanker,” kata Muscalli.

“Kombinasi tertentu tidak memengaruhi jaringan payudara yang sehat, tetapi dapat mencegah pembentukan radikal bebas. Kami belum tahu kenapa, tapi kami tahu ada sesuatu yang terjadi di sana."

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait