Sukses

Cobalah DIY Minyak Kelapa dan Dapatkan Sejuta Manfaatnya

tahukah Anda minyak kelapa dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan? Cobalah untuk DIY minyak kelapa dan rasakan sejuta manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Minyak kelapa banyak digunakan untuk memasak dan membuat makanan tradisional di setiap rumah tangga.

Selain untuk memasak, minyak kelapa perasan dingin juga bisa berfungsi mencegah kerusakan dan membuat rambut lebih mudah diatur. Dalam beberapa tahun terakhir, minyak kelapa peras dingin menjadi populer untuk perawatan kecantikan juga yang dipakai oleh beberapa selebriti.

Mungkin banyak yang belum mengetahui cara untuk memproduksi minyak kelapa perasan dingin karena prosesnya yang panjang.

Bagi Anda yang belum mengetahui berikut adalah cara untuk memproduksi minyak kelapa perasan dingin: 

1. Daging buah kelapa matang (memiliki kandungan minyak yang tinggi) digiling menjadi serpihan

2. Pada suhu rendah, daging tersebut kemudian diperas untuk mengekstrak minyak, yang dapat mempertahankan kualitas nutrisinya

Setelah mengetahui cara untuk memproduksi minyak kelapa perasan dingin, mengutip dari Freemalaysiatoday, Selasa (3/11/2020) berikut beberapa manfaat dari minyak kelapa untuk rambut, kulit dan kesehatan

1. Mengurangi bakteri di mulut

Satu sendok makan minyak dioleskan lalu discrub di mulut selama 20 menit. Kegunaannya dapat membantu mengurangi bakteri di mulut dan meningkatkan kesehatan gusi. Dapat digunakan setidaknya 3x seminggu untuk kesehatan gusi dan mengurangi bakteri penyebab plak.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat lain dari minyak kelapa

2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Lemak jenuh alami yang ada di dalam minyak kelapa dapat bekerja secara berbeda. Mengonsumsi minyak kelapa dapat meningkatkan tingkat lipoprotein densitas yang tinggi (HDL – kolesterol baik).

Lemak jenuh alami juga dipercaya dapat mengubah lipoprotein densiteas rendah (LDL – kolesterol jahat) menjadi bentuk yang tidak terlalu berbahaya. Banyak ahli juga yang percaya bahwa peningkatan HDL dapat meningkatkan kesehatan jantung dibandingkan dengan minyak lainnya.

3. Pelembab yang sangat baik

Minyak kelapa sendiri kaya akan asam lemak yang dapat memberikan nutrisi, mengunci hidrasi dan membuat kulit bersinar. Mengoleskan minyak kelapa sendiri tidak akan menyebabkan kulit berminyak dan timbul jerawat.

Kandungan vitamin E dapat membantu melembabkan kulit dan merangsang produksi kolagen untuk kulit yang lebih lentur sehingga tidak rentan terhadap garis-garis halus dan kerutan.

Oleh karena itu dapat menjadi tambahan bagi Anda yang menginginkan perawatan kecantikan yang lebih alami.

4. Membantu menurunkan berat badan

Trigliserida rantai menengah (MCT) dalam minyakkelapa dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan meningatkan rasa kenyang.

Orang yang menggunakan minyak MCT dalam makanannya akan mengalami penurunan berat badan yang lebih besar daripada mereka yang mengikuti diet berbasis minyak LCT.

5. Sebagai eksfoliator

Minyak kelapa dapat membantu meredakan bibir yang pecah-pecah dan kulit yang tampak bersisik. Jika terjadi pengelupasan makan membutuhkan pelembab agar terlihat cerah kembali.

Oleh karena itu mineral dalam minyak kelapa dapat memberikan kelembapan yang dapat menghilangkan kekeringan dan membuat kulit lembut serta kenyal. Selain itu juga cocok untuk siku dan lutut.

Mencampurkan minyak kelapa dengan gula dan kulit jeruk dengan takaran yang sama akan membantu mengelupaskan sel kulit mati.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.